Pelatihan Canva Untuk Siswa SMK Sebagai Media Pembuatan Poster Edukatif

Authors

  • Fitriana Harahap Universitas Potensi Utama
  • Wiwi Verina Universitas Potensi Utama
  • Nala Syakhiya Nasution Universitas Potensi Utama
  • Husin Sariangsah Universitas Potensi Utama
  • Nidia Enjelita Saragih Universitas Potensi Utama
  • Robiatul Adawiyah Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10577

Keywords:

Canva, Desain Grafis, Poster Edukatif, Siswa SMK, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memiliki keterampilan desain grafis yang aplikatif, terutama dalam komunikasi visual. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK dalam menggunakan Canva, sebuah platform desain grafis berbasis web, sebagai media pembuatan poster edukatif yang kreatif dan komunikatif. Metode pelatihan meliputi sesi pengenalan, praktik langsung, presentasi hasil karya, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan siswa dalam menggunakan fitur-fitur Canva, seperti pengaturan tata letak, pemilihan elemen visual, serta pengintegrasian pesan edukatif. Siswa mampu menghasilkan poster yang tidak hanya estetis tetapi juga efektif dalam menyampaikan informasi. Selain itu, pelatihan ini meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengekspresikan ide kreatif. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses internet dan perbedaan tingkat pemahaman siswa menjadi perhatian yang perlu ditindaklanjuti. Dengan pendampingan berkelanjutan dan peningkatan fasilitas teknologi, pelatihan ini berpotensi menjadi program yang mendukung pengembangan keterampilan siswa SMK secara berkelanjutan. Pelatihan Canva ini memberikan kontribusi nyata dalam membekali siswa dengan keterampilan desain grafis yang relevan di era digital.

Author Biographies

Fitriana Harahap, Universitas Potensi Utama

Informatika

Wiwi Verina, Universitas Potensi Utama

Informatika

Nala Syakhiya Nasution, Universitas Potensi Utama

Informatika

Husin Sariangsah, Universitas Potensi Utama

Teknik Informatika

Nidia Enjelita Saragih, Universitas Potensi Utama

Informatika

Robiatul Adawiyah, Universitas Potensi Utama

Informatika

References

Kala, A., Widayanti, L., & Rahayu, W. A. (2021). Kala’lembang (2021). JPM: Jurnal Pengabdian

Masyarakat Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang, 2(2), 91–102.

Nidia, Enjelita Saragih, Harahap, F., Adawiyah, R., Hafazana, F., & Sariangsah, H. (2024). Pelatihan

Canva untuk Siswa SMP sebagai Media Pembuatan Materi Presentasi Canva Training for Middle

School Students as a Media for Making Presentation Materials. Ekspresi: Publikasi Kegiatan

Pengabdian Indonesia, 1(3), 113–123.

Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., & Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan Membuat

Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–77.

https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat

Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm.

SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E. D., & Barus, B. (2022). Desain Poster Menarik

Memanfaatkan Canva. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 449.

https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2904

Wicaksono, D., & Nadya Puspita Adriana. (2023). Meningkatkan Kemampuan Siswa SMP N 18

Surakarta dalam Mengembangkan Media Poster Melalui Platform Canva. ABDIKAN: Jurnal

Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 329–338.

https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i3.2237

Downloads

Published

2025-01-24