Pendampingan Pembuatan Learning Management System (LMS) pada Aktifitas Pendidikan dari Yayasan Bina Lentera Insan
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10572Keywords:
LMS, Manado, Pengabdian Masyarakat, YBLI, Yayasan PendidikanAbstract
Sistem Manajemen Pembelajaran Learning Management System memiliki banyak kegunaan dan
memberikan sejumlah manfaat yang signifikan, terutama dalam konteks pendidikan dan pelatihan
seperti pemantauan dan pengelolaan pembelajaran, distribusi pembelajaran, fasilitas koloborasi dan
interaksi, pembelajaran daring dan jarak jauh, pengelolaan materei dan kurikulum, pemantauan dan
evaluasi kinerja siswa, dan terakhir adalah efisiensi administratif. Jika sebuah Yayasan pendidikan
tidak memiliki Learning Management System, berbagai permasalahan dan tantangan dapat muncul
yang dapat mempengaruhi efektivitas dan efisiensi program pelatihan. Beberapa masalah yang
muncul meliputi manajemen dan distribusi tidak efisien, keterbatasan aksebilitas, keterbatasan
interaksi dan koloborasi. Persoalan di atas merupakan permasalahan pada Yayasan Pendidikan
Lentera Insani, oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang belum maksimalnya Learning
Management System yang sudah ada, akan diadakan pendampingan dalam pembuatan Learning
Management System yang lebih baik. Pendampingan pembuatan Learning Management System pada
Yayasan Insani sangat membantu mitra dalam melaksankan kegiatan dalam pelatihan maupun
pengajaran sehingga akan menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Tim dalam kegiatan
pengabdian ini akan terlibat dalam keseluruhan pembuatan aplikasi dengan pembagian tugas seperti
penyusunan kurikulum, pembuatan buku ajar elektronik, konten-konten pembelajaran serta digital
marketing.
References
Adolph, R. (2018). 済無No Title No Title No Title. 11, 1–23.
Harini, N., Suhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A., & Yuniarti, E. (2023).
Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee:
Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 363–375.
https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2834
Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research
Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493
Miskiyah, A. Z., & Dkk. (2023). Sehat Di Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten
Lumajang Dengan Metode Community-Based. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB), 4,
–95.
Sohaya, E. M. (2019). Blend Your Learning Right Now: Blended Learning Dengan Memanfaatkan
Lms Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hots Pada Siswa. Prosiding Seminar
Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(2006), 788–793.
Syahri, A., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Inovasi melalui Learning Management System
( LMS ): Studi Awal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ). 06(01), 8719–8729.