Edukasi Literasi Digital dan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10570Keywords:
digital, karya ilmiah, ketrampilan, literasiAbstract
Era digital telah membawa kemudahan dalam mengakses informasi, namun tantangan baru muncul dalam memastikan kualitas literasi akademik di kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami, mengelola, dan menulis karya ilmiah secara efektif, terutama di tengah tingginya jumlah informasi yang tersedia secara daring. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi dan keterampilan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa melalui edukasi berbasis lokakarya dan pendampingan intensif. Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan teknik pencarian literatur, evaluasi sumber, penulisan akademik, serta etika publikasi secara digital. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa terkait literasi digital dan kemampuan menulis akademik yang lebih terstruktur. Program ini diharapkan dapat memperkuat keterampilan akademik mahasiswa serta meningkatkan kontribusi mereka dalam dunia ilmiah.References
Eshet, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital
era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93–106.
Mardiani, F., Anis, M. Z. A., & Hermawan, M. D. (2021). Digital literacy in the
transformation of historical learning in the time of covid-19. Jurnal Socius, 10(2).
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa,
mengapa, dan bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series
Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 003-013).
Tarigan, F. N., Safrawali, S., Subiantoro, N., Hasibuan, S. A., Helman, H., & Tanjung, Y. T.
(2022). Pelatihan Dan Peningkatan Literasi bagi Siswa di Pesantren Darussalam Guntur
Batubara. Journal Liaison Academia and Society, 2(4), 46-50.
Wigati, I., Lestari, W., Sholeh, M. I., Nurlaela, N., & Yuniar, Y. (2023). Meta-analisis
Literasi Digital pada Pembelajaran. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 92-102.
Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum. Futurelab.
Beetham, H., & Sharpe, R. (2013). Rethinking Pedagogy for a Digital Age: Designing for
st Century Learning. Routledge.
Head, A. J., & Eisenberg, M. B. (2010). Truth Be Told: How College Students Evaluate
Information. Project Information Literacy