Edukasi Literasi Digital dan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa

Authors

  • Fatin Nadifa Tarigan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Alwi Fahruzy Nasution Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Yochi Elanda Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Ainur Rizki Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Ismayani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Dewi Ayu Lestari Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10570

Keywords:

digital, karya ilmiah, ketrampilan, literasi

Abstract

Era digital telah membawa kemudahan dalam mengakses informasi, namun tantangan baru muncul dalam memastikan kualitas literasi akademik di kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami, mengelola, dan menulis karya ilmiah secara efektif, terutama di tengah tingginya jumlah informasi yang tersedia secara daring. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi dan keterampilan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa melalui edukasi berbasis lokakarya dan pendampingan intensif. Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan teknik pencarian literatur, evaluasi sumber, penulisan akademik, serta etika publikasi secara digital. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa terkait literasi digital dan kemampuan menulis akademik yang lebih terstruktur. Program ini diharapkan dapat memperkuat keterampilan akademik mahasiswa serta meningkatkan kontribusi mereka dalam dunia ilmiah.

Author Biographies

Fatin Nadifa Tarigan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Pendidikan Bahasa Inggris

Alwi Fahruzy Nasution, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Yochi Elanda, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Manajemen

Ainur Rizki, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Manajemen

Ismayani, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Ilmu Hukum

Dewi Ayu Lestari, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

References

Eshet, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital

era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93–106.

Mardiani, F., Anis, M. Z. A., & Hermawan, M. D. (2021). Digital literacy in the

transformation of historical learning in the time of covid-19. Jurnal Socius, 10(2).

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa,

mengapa, dan bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series

Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 003-013).

Tarigan, F. N., Safrawali, S., Subiantoro, N., Hasibuan, S. A., Helman, H., & Tanjung, Y. T.

(2022). Pelatihan Dan Peningkatan Literasi bagi Siswa di Pesantren Darussalam Guntur

Batubara. Journal Liaison Academia and Society, 2(4), 46-50.

Wigati, I., Lestari, W., Sholeh, M. I., Nurlaela, N., & Yuniar, Y. (2023). Meta-analisis

Literasi Digital pada Pembelajaran. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 92-102.

Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital Literacy Across the Curriculum. Futurelab.

Beetham, H., & Sharpe, R. (2013). Rethinking Pedagogy for a Digital Age: Designing for

st Century Learning. Routledge.

Head, A. J., & Eisenberg, M. B. (2010). Truth Be Told: How College Students Evaluate

Information. Project Information Literacy

Downloads

Published

2025-01-24