Perancangan Teknologi Multimedia Pada Mitra Komunitas Generasi Baru Indonesia Komisariat Politeknik Negeri Medan
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10569Keywords:
multimedia, teknologi, genbi, rupiah, video, permainanAbstract
Teknologi pada masa sekarang sudah menjadi salah satu aspek yang harus ada dalam setiap kehidupan umat manusia. Hal ini karena keberadaannya yang memberi kemudahan dalam semua aktivitas termasuk dalam hal pembelajaran. Dalam kegiatan Pengabdian ini, dilakukan dengan Komunitas Generasi Baru Indonesia (GENBI) komisariat Politeknik Negeri Medan. Divisi Pendidikan dan Kebudayaan sebagai mitra bertujuan untuk menerapkan teknologi multimedia sebagai media belajar pada pengenalan serta perawatan mata uang rupiah dan pengenalan komunitas Genbi komisariat Politeknik Negeri Medan berupa video edukasi, video company profile serta permainan edukasi. Divisi pendidikan dan kebudayaan GenBI komisariat Politeknik Negeri medan memiliki potensi dalam mendukung perkembangan media sosialisasi materi pengenalan dan perawatan rupiah dengan teknologi multimedia. Metode Pelaksanaan mencakup sosialisasi hasil, penerapan teknologi dan pendampingan.References
Wulansari, S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2016). Perancangan permainan "UangAndro" sebagai
media pembelajaran pengenalan mata uang Rupiah pada anak berbasis Android. Jurnal
Teknologi dan Sistem Komputer, 307.
Muhammad, Z. D., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis web
untuk meningkatkan literasi budaya dan literasi digital di sekolah dasar. Yogyakarta, 1(1), 105.
Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam. Edukasi
Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 50.
Aryani, C. Y., & Zuber, A. (2017). Budaya kemiskinan di kota Surakarta (Studi etnografi di pinggir
rel Palang Joglo, Kadipiro). Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(2), 67.
Ayuningtias, I. A., Hijrie, I. F., & Naufal, M. Z. (2020). Video-based learning: Memenuhi kebutuhan
peserta didik dalam mendapatkan pengalaman belajar yang konkret. Inovasi Kurikulum, 17(2),
Nugraha, A. C., Khairudin, M., & Hertanto, D. B. (2017). Rancang bangun game edukasi sebagai
media pembelajaran mata kuliah praktik teknik digital. Universitas Negeri Yogyakarta, 3(1), 93