Perancangan Teknologi Multimedia Pada Mitra Komunitas Generasi Baru Indonesia Komisariat Politeknik Negeri Medan

Authors

  • Andi Supriadi Chan Politeknik Negeri Medan
  • Friendly Politeknik Negeri Medan
  • Andre Bastanta Tarigan Politeknik Negeri Medan
  • Jose Daniel Sinaga Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Dwi Ilham Politeknik Negeri Medan
  • Yessi Karerina Kristanti Sianturi Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10569

Keywords:

multimedia, teknologi, genbi, rupiah, video, permainan

Abstract

Teknologi pada masa sekarang sudah menjadi salah satu aspek yang harus ada dalam setiap kehidupan umat manusia. Hal ini karena keberadaannya yang memberi kemudahan dalam semua aktivitas termasuk dalam hal pembelajaran. Dalam kegiatan Pengabdian ini, dilakukan dengan Komunitas Generasi Baru Indonesia (GENBI) komisariat Politeknik Negeri Medan. Divisi Pendidikan dan Kebudayaan sebagai mitra bertujuan untuk menerapkan teknologi multimedia sebagai media belajar pada pengenalan serta perawatan mata uang rupiah dan pengenalan komunitas Genbi komisariat Politeknik Negeri Medan berupa video edukasi, video company profile serta permainan edukasi. Divisi pendidikan dan kebudayaan GenBI komisariat Politeknik Negeri medan memiliki potensi dalam mendukung perkembangan media sosialisasi materi pengenalan dan perawatan rupiah dengan teknologi multimedia. Metode Pelaksanaan mencakup sosialisasi hasil, penerapan teknologi dan pendampingan.

Author Biographies

Andi Supriadi Chan, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Friendly, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Andre Bastanta Tarigan, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Jose Daniel Sinaga, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Muhammad Dwi Ilham, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Yessi Karerina Kristanti Sianturi, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

References

Wulansari, S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2016). Perancangan permainan "UangAndro" sebagai

media pembelajaran pengenalan mata uang Rupiah pada anak berbasis Android. Jurnal

Teknologi dan Sistem Komputer, 307.

Muhammad, Z. D., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis web

untuk meningkatkan literasi budaya dan literasi digital di sekolah dasar. Yogyakarta, 1(1), 105.

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam. Edukasi

Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 50.

Aryani, C. Y., & Zuber, A. (2017). Budaya kemiskinan di kota Surakarta (Studi etnografi di pinggir

rel Palang Joglo, Kadipiro). Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(2), 67.

Ayuningtias, I. A., Hijrie, I. F., & Naufal, M. Z. (2020). Video-based learning: Memenuhi kebutuhan

peserta didik dalam mendapatkan pengalaman belajar yang konkret. Inovasi Kurikulum, 17(2),

Nugraha, A. C., Khairudin, M., & Hertanto, D. B. (2017). Rancang bangun game edukasi sebagai

media pembelajaran mata kuliah praktik teknik digital. Universitas Negeri Yogyakarta, 3(1), 93

Downloads

Published

2025-01-24