Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Teknologi Multimedia di Sekolah Dasar Al Washliyah Tanjung Rejo
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10568Keywords:
teknologi, media pembelajaran, Bahasa Inggris, multimedia, pembelajaran berbasis permainanAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat menuntut integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris siswa, yang sangat dibutuhkan di era globalisasi. Banyak sekolah, terutama di daerah terpencil, menghadapi tantangan dalam menyediakan materi ajar yang menarik dan efektif. Pembelajaran konvensional sering kali kurang mampu memotivasi siswa. Media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan pemahaman dan retensi informasi siswa. Sekolah Dasar Al Washliyah Tanjung Rejo, dengan dukungan program pengabdian masyarakat, berpotensi menjadi pionir dalam penerapan teknologi pendidikan. Program ini bertujuan merancang media pembelajaran berbasis komputer yang interaktif dan sesuai dengan kurikulum. Metode yang digunakan adalah pembelajaran berbasis permainan, termasuk kosakata, kuis, dan feedback. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 64% siswa berhasil lulus post-test. Penggunaan multimedia interaktif terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris, membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, serta meningkatkan hasil belajar mereka.References
Basheer Nomass, B. (2013). The Impact of Using Technology in Teaching English as a Second
Language. English Language and Literature Studies, 3(1), 111–116.
https://doi.org/10.5539/ells.v3n1p111
Firmansyah, H. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar
Sejarah di Sekolah Menengah Atas. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2),
–548. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30416
Hafsah, H. (2018). Meningkatkan Pemahaman Dan Penguasaan Siswa Terhadap Materi Pembelajaran
Dengan Menggunakan Media Yang Tepat Pada Pembelajaran Pkn Dengan Metode Diskusi Dan
Tanya Jawab Di Kelas Iv Sdn 26 Mataram Kecamatan Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014.
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,
(2), 115. https://doi.org/10.31764/civicus.v4i2.348
Mampuono. (2022). Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Di Era 4.0 untuk Mendukung
Peningkatan Mutu Pendidikan. Bbpmjateng.
Melati, R., Yuliati, T., & Desyanti, D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif
Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA N 4 Dumai. JUTEKINF (Jurnal Teknologi
Komputer Dan Informasi), 11(2), 127–136. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i2.654
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam
Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal
Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542