Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Teknologi Multimedia di Sekolah Dasar Al Washliyah Tanjung Rejo

Authors

  • Ardianto Pranata Politeknik Negeri Medan
  • Egidya Savella Claristy Sitanggang Politeknik Negeri Medan
  • Luky Ardiansyah Politeknik Negeri Medan
  • Egi Pratama Politeknik Negeri Medan
  • Almizar Hanif Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10568

Keywords:

teknologi, media pembelajaran, Bahasa Inggris, multimedia, pembelajaran berbasis permainan

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris siswa, yang sangat dibutuhkan di era globalisasi. Banyak sekolah, terutama di daerah terpencil, menghadapi tantangan dalam menyediakan materi ajar yang menarik dan efektif. Pembelajaran konvensional sering kali kurang mampu memotivasi siswa. Media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan pemahaman dan retensi informasi siswa. Sekolah Dasar Al Washliyah Tanjung Rejo, dengan dukungan program pengabdian masyarakat, berpotensi menjadi pionir dalam penerapan teknologi pendidikan. Program ini bertujuan merancang media pembelajaran berbasis komputer yang interaktif dan sesuai dengan kurikulum. Metode yang digunakan adalah pembelajaran berbasis permainan, termasuk kosakata, kuis, dan feedback. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 64% siswa berhasil lulus post-test. Penggunaan multimedia interaktif terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris, membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, serta meningkatkan hasil belajar mereka.

Author Biographies

Ardianto Pranata, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Egidya Savella Claristy Sitanggang, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Luky Ardiansyah, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Egi Pratama, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

Almizar Hanif, Politeknik Negeri Medan

Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis

References

Basheer Nomass, B. (2013). The Impact of Using Technology in Teaching English as a Second

Language. English Language and Literature Studies, 3(1), 111–116.

https://doi.org/10.5539/ells.v3n1p111

Firmansyah, H. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar

Sejarah di Sekolah Menengah Atas. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2),

–548. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30416

Hafsah, H. (2018). Meningkatkan Pemahaman Dan Penguasaan Siswa Terhadap Materi Pembelajaran

Dengan Menggunakan Media Yang Tepat Pada Pembelajaran Pkn Dengan Metode Diskusi Dan

Tanya Jawab Di Kelas Iv Sdn 26 Mataram Kecamatan Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014.

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,

(2), 115. https://doi.org/10.31764/civicus.v4i2.348

Mampuono. (2022). Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Di Era 4.0 untuk Mendukung

Peningkatan Mutu Pendidikan. Bbpmjateng.

Melati, R., Yuliati, T., & Desyanti, D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif

Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA N 4 Dumai. JUTEKINF (Jurnal Teknologi

Komputer Dan Informasi), 11(2), 127–136. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i2.654

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam

Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal

Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Downloads

Published

2025-01-24