Optimalisasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Di Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10565Keywords:
kurikulum Merdeka, kosa kata dasar, media interaktif, permainan edukatif, pembelajaran bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan dalam pembelajaran
bahasa Inggris di Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala. Hasil wawancara dan observasi
mengungkapkan beberapa permasalahan utama, seperti rendahnya motivasi siswa, dan minimnya
kesempatan berinteraksi menggunakan bahasa Inggris secara aktif. Penyajian media pembelajaran
yang menarik, terutama untuk siswa kelas bawah (kelas 1-3), masih menjadi kendala. Di sisi lain,
siswa kelas atas (kelas 4-6) lebih tertarik pada media visual dan audio. Selain itu, siswa sering merasa
pasif dalam keterampilan berbicara, yang memerlukan lebih banyak latihan melalui pendekatan
pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Konsep pembelajaran yang merepresentasikan kurikulum
merdeka belajar dengan menawarkan alternatif pembelajaran seperti animasi pembelajaran kosa kata
dasar dan game edukatif dalam memahami bahasa inggris. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa penerapan media pembelajaran visual dan interaktif, seperti buku interaktif dan permainan
edukasi dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbahasa Inggris siswa.
References
S. Damarjati and A. Miatun, “Pengembangan Game EdukasiBerbasis Android sebagai Media
Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan BerpikirKritis,” ANARGYA: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, Oct. 2021, doi: 10.24176/anargya.v4i2.6442.
DEDY DWI SETYAWAN, “PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKATIF
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN
DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR,” 2020.
“Buku Media Pembelajaran Azhar Arsyad.”
M. Fairuz Salsabila, I. N. Af’idah, and D. M. Sofyan Alnashr, “Permainan Edukasi sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” Agustus Tahun, vol. 3, no. 2,
p. 2023, doi: 10.35878/guru.v312.828.
A. B. Permana and P. Pujiastuti, “PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK INTEGRATIF
BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR
DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB."