Decision Support System Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Counter Ponsel Menggunakan Metode CSI

Authors

  • Emalia Putri STMIK Triguna Dharma
  • Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jursi.v4i1.10061

Keywords:

Metode CSI, Pelanggan, Sistem Pendukung Keputusan, Tingkat Kepuasan

Abstract

Salah satu masalah yang ada di Counter Zaxom Ponsel adalah bahwa mereka tidak memiliki sistem khusus untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Akibatnya, mereka tidak dapat menilai kinerja dan pelayanan yang ada. Proses penilaian kepuasan pelanggan terus dilakukan melalui penyebaran kuisioner yang dapat diisi oleh pelanggan yang datang. Hal ini dinilai tidak efektif dari segi waktu karena akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan karena hasil kuisioner yang telah diisi oleh pelanggan harus dihitung satu per satu. Selain itu, penggunaan dokumen fisik meningkatkan risiko kehilangan atau kerusakan data yang mengganggu proses penilaian. Oleh karena itu, dibangunlah sistem pendukung keputusan yang memiliki kemampuan untuk menilai kepuasan pelanggan Zaxom Ponsel. Sistem ini akan dikombinasikan dengan metode komputasi CSI. Untuk mengukur kepuasan pelanggan secara keseluruhan, Customer Satisfaction Index (CSI) menggunakan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut kualitas jasa yang diukur.Hasil yang diperoleh adalah terciptanya sebuah sistem pendukung keputusan yang akan memberikan output (keluaran) berupa indeks kepuasan pelanggan (IKP) yang akan digunakan sebagai tolak ukur atau acuan atas kepuasan pelanggan dengan Zaxom Ponsel. Berdasarkan hasil perhitungan dari 31 responden dan 6 pertanyaan, dapat disimpulkan bahwa pelanggan merasa sangat puas dengan Zaxom Phone dengan nilai 92,70%.

Author Biographies

Emalia Putri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ismawardi Santoso, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Amri, S. Meutia, and A. Ulva, “Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Layanan Counter Aziz Ponsel Krueng Geukueh Menggunakan Metode Customer Satificatio Index Dan Important Performance Analysis,” Ind. Eng. J., vol. 10, no. 2, 2021.

S. D. Faradisa and A. Sadiqin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Counter Farah Cell,” vol. 2, no. 1, p. 56, 2021.

B. Irawan, E. D. Sitanggang, and S. Achmady, “Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit berdasarkan Metode ServQual,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 6, no. 1, p. 10, 2021, doi: 10.24114/cess.v6i1.21023.

R. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perusahaan Binaan Dengan Metode Mabac (Studi Kasus: Dinas Perindustrian Kota Medan),” Pelita Inform. Inf. dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–128, 2020..

B. Andika, H. Winata, and R. I. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite ( Electre ),” Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, 2019.

L. M. Laia, B. Andika, and E. F. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Strategis Cabang Baru di UD . Ario Nias Selatan Menggunakan Metode WASPAS ( Weighted Aggregated Sum Product Assesment ),” no. 4, 2021.

B. Andika, M. Dahria, and E. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Pembangunan Perumahan Type 36 M/S Menggunakan Metode Weighted Product Pada Pt.Romeby Kasih Abadi,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 2, p. 130, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i2.151.

A. P. Anindya and Iva Mindhayani, “Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 7, no. 2, pp. 129–136, 2021, doi: 10.30656/intech.v7i2.3954.

L. Septyoadhi, M. Mardiyanto, and I. L. I. Astutik, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” CAHAYAtech, vol. 7, no. 1, p. 78, 2019, doi: 10.47047/ct.v7i1.6.

A. Y. Labolo, “Kelompok Tani Menggunakan Metode Profile Matching,” vol. 4, no. 1, 2019.

J. Hutagalung, A. F. Boy, and D. Nofriansyah, “Pemilihan Komandan Komando Distrik Militer Menggunakan Metode WASPAS,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 3, no. 4, pp. 420–429, 2022, doi: 10.47065/josyc.v3i4.2019.

R. D. Gunawan, F. Ariany, and Novriyadi, “Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano Kertas,” J. Artif. Intell. Technol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2023, doi: 10.58602/jaiti.v1i1.23.

I. Luthfi, B. Andika, and F. Sonata, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Services Sepeda Motor Yamaha Di PT . Alfa Scorpii Kpt Muslim menggunakan Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ),” pp. 1–12, 2022.

Y. Siyamto, “Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode IPA Dan CSI Terhadap Kepuasan Nasabah,” J. Ilm. Ekon. Islam Vol., vol. 14, no. 1, pp. 63–76, 2017.

J. W. Tarigan, H. Winata, and D. Suherdi, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Indikator Pelayanan Yang Baik Rumah Sakit Vina Estetica berdasarkan Hasil Survey Angket kepada Pasien Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index ( CSI ),” pp. 1–10, 2020.

Downloads

Published

2025-01-14