Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Pengembangan Marketing Dan Branding Produk Pada UMKM
DOI:
https://doi.org/10.53513/abdi.v3i2.8738Abstract
Salah satu alat digital marketing adalah media sosial, yang dapat membantu bagi para pelaku usaha dalam melakukan marketing dan branding produk. Permasalahan yang dihadapi pemilik usaha kue bawang The Kubang Ayura hanya melakukan penjualan dengan memasarkan produk menggunakan promosi dari mulut ke mulut. Keterbatasan dalam penggunaan media sosial dan marketplace, tingkat jangkauan pemasaran masih rendah menjadi kendala dalam penjualan produknya. Selain itu desain label kemasan yang kurang menarik. Label yang digunakan hanya menggunakan kertas biasa dan  diletakkan di atas kemasan, sehingga ketika pembeli membuka kemasan tersebut label akan ikut robek atau lepas dari kemasannya. Label pada kemasan kue bawang tersebut juga sulit dibaca karena penempatan kata – kata yang bertumpuk serta pemilihan warna tulisan yang kurang menarik. Jumlah produk yang dijual tidak meningkat dan ruang lingkup wilayah pemasaran tidak luas. Besarnya biaya operasional untuk promosi dan penjualan produk. Sehingga perkembangan bisnis pelaku UMKM tidak berkembang pesat dan mempengaruhi pendapatan. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat bantu digital marketing sehingga cakupan wilayah promosi menjadi luas dan membantu dalam melakukan penjualan produk. Berdasarkan hasil wawancara terhadap penguasaan materi digital marketing diketahui bahwa peserta sudah mencapai 84% penguasaan terhadap materi.References
Rizaldi, Taufiq, and Hermawan Arief Putranto. 2018. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing Dan Branding Pada UMKM.†Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1(1): 56–59.
Narindro, L., Mardjono, R., Mulya, D., & Harahap, E. F. (2021). Pengembangan Keterampilan Guru Melalui Pelatihan Pengelolaan Media Pemasaran Berbasis Digital. Abdimas Universal, 3(2), 111–122. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i2.120
Putri, Almira Devita et al. 2023. “Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur.†Journal of Social Sciences and Technology for Community Service 4(1): 147–53. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2666.
Pebrina Swissia, Halimah. 2023. “Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Branding Pada Umkm Tempe Mbah Mul Di Desa Purwotani.†J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(8): 5949–56.
Farell, Geovanne, Thamrin Thamrin, and Igor Novid. 2019. “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto.†Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 19(1): 42.
Immanuel, D. M. (2019). Pembelajaran Online Marketing Pada Program Kewirausahaan Pemberdayaan Wanita Desa Kesamben Wetan Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2), 149–159
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148
Sasongko, Dimas et al. 2021. “Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing.†Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS 7(1): 68–73.
Wijoyo, Hadion, Aris Ariyanto, Denok Sunarsi, and Mada Faisal Akbar. 2020. “Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa.†Ikra-Ith Abdimas 3(3): 169–75.
Hutagalung, J., et al. (2023). Pelatihan Animasi Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan Visualisasi Siswa. Jces (Journal Of Character Education Society), 6(3), 1–7.
Jaya, H., Winata, H et al. 2022. “Pelatihan Pembuatan Aplikasi Tabungan Siswa Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bidayatul Hidayah Berbasis Desktop.†Jurnal Abdimas Tgd 3(1): 32–38.
Sonata, F., Wiguna, D. P., & Hutagalung, J. (2020). Pemanfaatan Google Forms Pada Organisasi Peneliti Sebagai Upaya Kontribusi Meningkatkan Minat Riset Di Kota Medan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 105–110.
Hutagalung, J., et al. (2022). Digitalisasi Masjid Era Society 5 . 0 Menggunakan Teknologi Qris Pada Kas Masjid Al-Muslimin. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 151–160.