Perancangan Sistem Informasi Laporan Persediaan Bahan Baku Berbasis Web Pada PT Plastik Karawang Flexindo

Authors

  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma
  • Yeny Rostiani STMIK Rosma
  • Muhammad Febry Hardiansyah STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v7i2.9727

Keywords:

Bahan Baku, Persediaan, DSRM, Sistem Informasi, WEB

Abstract

Sistem yang ada pada PT Plastik Karawang Flexindo ini masih kurang efektif dan efisien untuk melihat stok serta transaksinya. Pengambilan data pada PT Plastik Karawang Flexindo. Objek penelitian adalah pengelolaan dan pelaporan persediaan bahan baku. Pada penelitian ini menggunakan metode Design Science Research Method (DSRM) yang terdiri dari 6 (enam) tahapan, yaitu identifikasi masalah, penetapan tujuan, perancangan, studi kasus, evaluasi dan komunikasi. Perancangan sistem informasi berbasis WEB ini dirancang untuk mengatasi permasalahan yang ada pada perusahaan. Sistem informasi ini dibuat agar perusahaan dapat memberikan laporan mengenai stok bahan baku dengan cepat dan tepat kepada customer. Fitur yang terdapat pada sistem informasi ini adalah dapat menambah dan melihat jumlah stok bahan baku, mengetahui jumlah bahan baku masuk dan bahan baku keluar serta dapat membuat laporan. Sistem informasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dalam mengetahui jumlah stok barang yang ada.

References

A. Wirasaputra, F. Riduan, Z. Zulkahfi, P. Pramudhya, R. Riyan, and W. Noviana, “DAMPAK DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI,” JATIMIKA J. Kreat. Mhs. Inform., vol. 3, no. 02, 2022.

S. L. Ortega and R. A. S. Paramita, “Pengaruh Literasi Keuangan , Kemajuan Teknologi , Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Sebagai Investor Saham Di Kota Surabaya),” Sibatik J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 2, no. 2, 2023.

T. Subowo, “Pengaruh Literasi keuangan, kemajuan teknologi, persepsi return dan risiko terhadap minat berinvestasi di pasar modal,” Fortunate Bus. Rev., vol. 2, no. 1, 2022.

D. Febrianti, “Keamanan Informasi Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi,” Perlindungan Data Dan Inf., 2021.

I. Musyaffa, “Definisi Keamanan Informasi & 3 Aspek Di dalamnya,” Agus Hermanto, 2021.

Zulkifli, “Perancangan Sistem Informasi Pemasaran (E-Commerce) PT.Jogja Kelapa Mas Berbasis Web,” J. Teknol. Informasi-Aiti, vol. 14, no. 1, 2018.

W. Wartoyo and H. Y. Rahman, “IMPLEMENTASI PRODUKSI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI (STUDI PADA PROVIDER DI INDONESIA),” Profit J. Kaji. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.33650/profit.v2i2.562.

K. Wau, “Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Gudang Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” J. Tek. Komputer, Agroteknologi Dan Sains, vol. 1, no. 1, 2022, doi: 10.56248/marostek.v1i1.8.

U. Subagyo, A. Budi Utami, and S. Suparyanto, “Prototype Sistem Informasi Keuangan Terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.47134/jacis.v3i1.55.

G. D. Ramady, H. Yusuf, R. Hidayat, A. G. Mahardika, and N. S. Lestari, “Rancang Bangun Model Simulasi Sistem Pendeteksi Dan Pembuangan Asap Rokok Otomatis Berbasis Arduino,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, 2020.

Mira Orisa, Ahmad Faisol, and Mochammad Ibrahim Ashari, “PERANCANGAN WEBSITE COMPANY PROFILE MENGGUNAKAN DESIGN SCIENCE RESEARCH METHODOLOGY (DSRM),” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 1, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i1.2576.

Dilson and L. Suhery, “Perancangan Sistem TLHP Kasus Pada Inspektorat Kota Padang,” Riau J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, 2018.

Downloads

Published

2024-07-31