Perancangan Dan Implementasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Siantar

Authors

  • Juniar Hutagalung STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v2i1.90

Keywords:

e-learning, web, intenet, online, guru, siswa.

Abstract

Pencapaian hasil belajar memang sangat dipengaruhi oleh berbagai unsur. Unsur-unsur yang paling utama adalah unsur guru, siswa, kurikulum dan sarana prasarana pendukung pembelajaran. Namun yang terjadi disekolah-sekolah guru kurang memberikan kesempatan untuk melatih siswa dalam belajar menemukan jawabannya sendiri. Dengan model pembelajaran  seperti ini banyak siswa yang semakin pasif dan cenderung merasa bosan. Model pembelajaran seperti ini, dirasakan kurang efektif dan efisien bagi hasil belajar siswa,  karena  siswa  hanya  dijejali  dengan hafalan-hafalan mengenai konsep-konsep bukan bagaimana memahami dan menguasai konsep dalam memecahkan suatu persoalan, apalagi didukung oleh kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media selama proses pembelajaran, sehingga materi pembelajaran akan  semakin sulit dipahami siswa. Dengan  e-learning, belajar bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, melalui jalur mana saja dan dengan kecepatan akses apapun sehingga proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan efesien. Dengan teknologi informasi, e-learning  mampu menyediakan bahan ajar dan menyimpan instruksi pembelajaran yang dapat diakses kapanpun dan dari manapun. E-learning  tidak membutuhkan  ruangan yang  luas sebagaimana ruang kelas konvensional. Dalam penelitian  ini dirancang suatu sistem aplikasi e-learning yang dapat membagikan dan menampilkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh guru dan siswa berbasis web dan dapat  diakses  oleh  pengguna secara online melalui internet

References

Hidayat, M. F., Sasmito, G. W., & Sasongko, T. B. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Dalam Membuat E-Learning Bagi Guru SMK Dinamika Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB, (Vol. 1).

Hernawati, E., Aji, P. (2016). Perancangan dan Penerapan Konten e-Learning melalui Learning Management System dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Studi Kasus pada Mata Kuliah Pemrograman Basis Data. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, (Vol. 2).

Bakri, F., Fajriani, F., & Muliyati, D. (2017). Media E-Learning Berbasis Cms Joomla : Pelengkap Pembelajaran Fisika SMA E-Learning Media Based CMS Joomla : Physics Senior High School Learning Supplement. Jurnal Teknodik, 21(2), 99–110.

Nuryadi, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Website E-Learning Pada SMK Respati 1 Jakarta. Jurnal Teknik Komputer, (Vol. 4).

Fatmawati, I. W., Siswantim, S., & Nugroho, D. (2016). Aplikasi E-Learning Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Untuk Menambah Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Tikomsin.

Ermatita. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Sistem Informasi (JSI). (Vol. 8).

Arisandy, A. (2016). Implementasi Sistem E-Learning Menggunakan Software Moodle Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara. Indonesian Journal on Information System (IJIS). (Vol. 1).

Downloads

Published

2019-01-08