Implementasi Data Mining Untuk Penjualan Paket Promosi Pada I-Mobil Dengan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth Pada PT. Indomarco Prismatama

Authors

  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v2i1.88

Keywords:

Data Mining, Algoritma, FP-Growth, Paket Promosi, I-Mobil

Abstract

I-Mobil merupakan sebuah mobil yang melakukan penjualan atau pemasaran barang didalam mobil. Dalam hal ini, untuk menarik peminat konsumen terhadap I-Mobil, I-Mobil membuat sebuah strategi baru dalam pemasarannya yaitu dengan membuat paket promosi. Dalam menentukan kelayakan barang yang akan dijadikan paket promosi yang dilakukan selama ini mempunyai banyak kelemahan, antara lain kesalahan dalam memilih barang yang akan dijadikan paket promosi kurang tepat dan kerugian barang yang tidak terjual. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk penentuan paket promosi adalah dengan menggunakan teknik data mining. Adapun teknik yang digunakan dalam hal ini adalah Algoritma FP-Growth. FP-Growth adalah salah satu alternatif algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul dalam sekumpulan data.Dengan demikian hasil dari Algoritma Fp-Growth dapat mempermudah pihak I-Mobil dalam menentukan barang yang akan dijadikan paket promosi.

References

Riyono dan Budiharja. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal Stie Semarang : Yogyakarta.

Ikhwan A., Novriansyah, D., & Sriani. 2015. Penerapan Data Mining Dengan Algoritma FP-Growth Untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan. Jurnal Saintikom, 14(3), 218.

Yetri M., Defit S., & Nurcahyo. 2018. Penerapan Data Mining Dalam Penentuan Pengambilan Semester Pendek Menggunakan Algoritma FP-Growth. Jurnal Saintikom, 17(1), 40-41.

Downloads

Published

2019-01-08