Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemuda Yang Layak Masuk Organisasi Pemuda Dakwah Fisabilillah Menggunakan Metode COPRAS

Authors

  • Muit Sunjaya Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ari Shandy Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Iqbal Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8591

Keywords:

Pemuda Dakwah Fisabilillah, Peuda yang layak masuk PDF, SPK, COPRAS, Aplikasi Berbasis Dekstop

Abstract

Pada Pemuda Dakwah Fisabilillah dalam pengambilan keputusan untuk menentukan pemilihan Pemuda yang layak masuk Organisasi Pemuda Dakwah Fisabilillah (PDF) terdapat suatu permaslahan dalam pemilihan PDF disini dari awal ajang perekrutan hingga sekarang tergolong sangat tidak baik. Bahkan sering terjadi ketidak sesuaian dalam pelaksanaan tugas yang di berikan di dalam PDF yang seharusnya PDF menjadi contoh dan tauladan bagi Pemuda yang lain. Tapi jauh dari kata memberikan contoh dan tauladan yang di karenakan dalam hasil penilaian di katakan tidak akurat. Karena dari setiap hasil penilaian tidaklah memiliki acuan perhitungan yang pasti dan proses penilaian di lakukan secara manual yang juga mengakibatkan kesilapan dan penentuan calon PDF dalam penilaianya menjadi lama. Oleh karena itu diperlukan adanya sistem pendukung keputusan dalam pemilihan Pemuda yang layak masuk PDF menggunakan metode COPRAS. Dengan adanya  sistem tersebut diharapkan kinerja dan waktu  dalam pengambilan keputusan pemilihan santri menjadi efektif dan efisien  baik dari segi kecepatan dalam pengambilan keputusan. Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang di bangun dengan berbasis dekstop dapat membantu Pemuda Dakwah Fisabilillah dalam mengambil keputusan pemilihan Pemuda yang layak masuk Organisasi Pemudah Dakwah Fisabilillah dengan cepat dan tepat.

References

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp. 291–300, 2019.

M. T. I. R. Juniar Hutagalung, “Pemilihan Dosen Penguji Skripsi Menggunakan Metode ARAS, COPRAS dan WASPAS,†vol. 10, pp. 354–367, 2021.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019.

A. Safitra, I. A. Lubis, and N. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Games Untuk Remaja Menggunakan Metode WASPAS,†pp. 141–147, 2018.

A. K. Hidayah and Y. Erwadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting,†vol. 2, pp. 92–96, 2019.

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada Sma Al Washliyah Tanjung Morawa,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi. Yogyakarta, 2007.

B. Sridadi, Pemodelan dan Simulasi Sistem, Informatik. Bandung, 2009.

M. T. Prihandoyo, “Unified Modeling Language ( UML ) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,†vol. 03, no. 01, pp. 126–129, 2018.

O. Fajarianto, M. Iqbal, and J. T. Cahya, “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Penerimaan Karyawan Dengan Metode Weighted Product,†vol. 7, no. 1, pp. 49–55.

Fauzi, A., & Rahmatulloh, M. (2020). Decision Support System for Selecting Qualified Youth Members in Islamic Organization Using COPRAS Method. Journal of Physics: Conference Series, 1479(1), 012051.

Suyanto, R., & Hartono, R. (2021). Implementation of Decision Support System for Youth Selection in Islamic Organization Using COPRAS Method. Journal of Physics: Conference Series, 1736(1), 012004.

Downloads

Published

2023-07-15