Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode MOORA Untuk Merekomendasikan Alat Perekam Suara

Sri Wardani, Syahrul Ramadhan, Solikhun Solikhun

Abstract


Perekam suara adalah sebuah media penyimpanan suara yang terdiri dari piringan pipih dengan alur spiral tertulis dan termodulasi, media untuk merekam suara terus berkembang dari masa ke masa, perkembangannya mulai dari piringan hitam, kaset, cakram padat (CD), sampai Mp3. Di Indonesia banyak di temukan berbagai merek alat perekam suara dan ini merupakan satu keuntungan bagi konsumen untuk memilih alat perekam suara yang diinginkan karena banyaknya merek alat perekam suara tersebut. Dalam memilih alat perekam suara sering sekali para konsumen bingung memilih dan menentukan alat perekam suara yang bagus dan membutuhkan waktu yang lama untuk memilih satu alat perekam suara yang diinginkannya. Karena permasalahan tersebut maka perlu dirancang suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu mengambil suatu keputusan dalam mendapatkan informasi  dalam  merekomendasikan alat perekam suara. Berdasarkan perhitungan menggunakan metode MOORA terhadap 6 alternatif, didapatkan A3 sebagai peringkat pertama kemudian diikuti oleh A5 dan A2.


Keywords


alat perekam suara, moora, sistem pendukung keputusan(spk)

Full Text:

PDF

References


S. Sundari, A. Wanto, Saifullah, and Indra Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Electre Dalam Merekomendasikan Dosen Berprestasi Bidang Ilmu Komputer (Study Kasus di AMIK & STIKOM Tunas Bangsa),” Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu, pp. 1–6, 2017.

Solikhun, “Perbandingan Metode Weighted Product dan Weighted Sum Model dalam Pemilihan Perguruan Swasta Terbaik Jurusan Komputer,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, p. 70, 2017.

M. Ridwan et al., “Sistem Pendukung Keputusan dalam Merekomendasikan Smartphone untuk Kalangan Pemula dengan Metode TOPSIS.”

R. A. A. Syaiful Rokhman, Imam Fahrur Rozi, “Pengembangan sistem penunjang keputusan penentuan ukt mahasiswa dengan menggunakan metode moora studi kasus politeknik negeri malang,” J. Inform. Polinema, vol. 3, pp. 36–42, 2017.

S. Alvita, N. Intan, F. Syahputra, K. Ulfa, and G. L. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mekanik Sepeda Motor Terbaik Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis ( MOORA ),” vol. 5, no. 1, pp. 66–70, 2018.

A. Septi, R. Anggreani, H. Rotua, B. Hutapea, M. Syahrizal, and N. Kurniasih, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis ( MOORA ),” vol. 5, no. 1, pp. 61–65, 2018.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v2i1.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]