Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Berbasis Android

Authors

  • Nur Fadilah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ali Ikhwan
  • Muhamad Alda

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8228

Keywords:

Sistem Informasi

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan telah menggunakan teknologi informasi berbasis website untuk mengelola data anggota, mengelola data buku, peminjaman buku, pengembalian buku, dan pendaftaran anggota baru, tetapi website ini hanya bisa diakses oleh petugas atau admin perpustakaan sehingga semua proses sistem informasi yang ada, baik itu pendaftaran anggota baru, peminjaman buku maupun perpanjangan buku anggota harus mendatangi perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dalam menganalisa kebutuhan ataupun masalah yang bertujuan untuk mengembangkan suatu platform berbentuk aplikasi yang berbasis android yang berguna untuk memecahkan masalah-masalah diatas. Menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dalam sistem ini dilakukan sebuah integrasi dengan layanan firebase store. Untuk melakukan integrasi dari aplikasi android ke firebase dilakukan dengan menggunakan SDK yang disediakan firebase, serta mendaftarkan key aplikasi ke firebase dan menggunakan Flutter sebagai tools dalam pembuatan aplikasi. Platform ini mampu memfasilitasi bagi pegawai perpustakaan dan anggota perpustakaan dalam melakukan pendaftaran anggota perpustakaan, peminjaman buku dan perpanjangan peminjaman buku dengan mudah yang terkomputasi dan sistematis dengan implementasi firebase.

Author Biography

Nur Fadilah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Nama, Nur Fadilah.Merupakan alumni dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Berasal dari prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi.

References

Budiyono Saputro, M. P. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Presindo.

Cover, H., & Irawan, D. (2017). Sistem informasi perpustakaan menggunakan android dengan memanfaatkan web service.

Irawan, M. D., & Simargolang, S. A. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika. JURTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(1), 67-84.

Pratama, A. yuda, & Muludi, K. (2021). Aplikasi perpustakaan digital pada perpustakaan jurusan ilmu komputer Universitas Lampung berbasis android. Jurnal Pepadun, 2(11), 101–106.

Studi, P., Informatika, T., & Teknik, F. (2019). Science and Technology PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA UNIVERSITAS. 3(2), 26–37.

Manurung, Muhammad Khoir Al Alim.2021. “Implementasi Google Speech API Pada Aplikasi Tahfidz Muroja’ah Hafalan Al-Quran Menggunakan Algoritma Rabin Karp Berbasis Android.†Skripsi SAINTEK UINSU

Mulyarahman, R. (2021). Pembangunan Aplikasi Deteksi Objek Untuk Tunanetra Memanfaatkan Camera Glass dan Tensorflow API Pada Smartphone Android (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Firdausi, F. A., & Ramadhani, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Online Public Access Catalog (Opac) Perpustakaan Berbasis Mobile Pada Stai Auliaurrasyidin. Jurnal Intra Tech, 4(2), 11-24.

Hakim, M. A. (2019). Pembangunan aplikasi chatbot midwify sebagai media pendukung pembelajaran ilmu kebidanan berbasis android di Stikes Bhakti Kencana Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Haryati, E. (2021). Aplikasi Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Bakery Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android (Doctoral dissertation, Prodi Teknik Informatika).

Hot, E., Sihombing, E., & Jaya, I. K. (2021). Penerapan Model View Controller ( MVC ) Pada Perancangan Aplikasi Pencarian Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Android Menggunakan Algoritma Boyer Moore ( Studi Kasus : Perpustakaan SMA Methodist 1 Medan ). 1(2), 52–59.

Ikhwan, A. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM RENTAL MOBIL.

Downloads

Published

2023-07-01