Pembuatan Animasi Integral Sebagai Implementasi Grafika Komputer Dengan Menggunakan Morphing dan OpenGL
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v5i2.5747Abstract
Penerapan grafika komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah sering kita temukan. Salah satu contoh penerapan dari grafika komputer ini adalah penerapan teknik morphing. Morphing adalah proses transisi dari suatu bentuk objek ke bentuk objek yang lainnya. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk membuat teknik morphing adalah dengan metode interpolasi linear. Tujuan kami melakukan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan algoritma morphing metode interpolasi linear dalam pembuatan animasi integral. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah dengan mengimplementasikan algoritma morphing metode interpolasi linear pada OpenGL dan melakukan simulasi dalam bahasa pemrograman C++ yang nantinya akan menghasilkan animasi integral.References
M. Lobo, C. Appert and E. Pietriga, "Animation Plans for Before-and-After Satellite Images," in IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, vol. 25, no. 2, pp. 1347-1360, 1 Feb. 2019, doi: 10.1109/TVCG.2018.2796557.
Jones, James L. “Efficient Morph Target Animation Using OpenGL ES 3.0†in GPU Pro 360 Guide to Mobile Devices, First Edition, New York : CRC Press, 2018.
S. I. Vyatkin, A. N. Romanyuk, L. A. Savytska, T. I. Troianovska, and N. V. Dobrovolska, “Real-Time Deformations of Function-Based Surfaces using Perturbation Functions,†Journal of Physics: Conference Series, vol. 1015, no. 3, pp. 1–6, 2022, Accessed: Jun. 24, 2022. [Online]. Available: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1015/3/032115/meta
Welly Desriyati, “Video Animasi 2D Pengenalan Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika â€, PIXEL, vol. 14, no. 2, pp. 189-195, Dec. 2021.
S. Huang, Y. Wu, F. Wei, and M. Zhou, Text Morphing, vol. xx, no. xx, pp. 1–12, Sep. 2018, Accessed: Jun. 24, 2022. [Online]. Available: https://arxiv.org/abs/1810.00341
Muhammad Adnani and Achmad Zakki Falani, “Implementasi Open Gl Untuk Pembuatan Objek 3d: Implementasi Open Gl Untuk Pembuatan Objek 3dâ€, ZTR, vol. 3, no. 1, pp. 1-6, Mar. 2021.
T. A. Wibowo, R. R. Isnanto, and A. Hidayatno, "TEKNIK MORPHING UNTUK OBJEK CITRA TIGA DIMENSI MENGGUNAKAN METODE INTERPOLASI LINEAR," Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 1, no. 3, pp. 68-71, Sep. 2012. https://doi.org/10.14710/transient.1.3.68-71.
J. Widadi and M. Murinto, ‘Media Pembelajaran Materi Pengenalan Opengl Pada Mata Kuliah Grafika Komputer’, Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 47–53, 2019.
J. Jiang et al., “An efficient algorithm for WBAF estimation based on linear interpolation and its estimation error,†Applied Acoustics, vol. 142, pp. 44–52, Dec. 2018, doi: 10.1016/j.apacoust.2018.08.001.
K. Dashdondov, K. Jo, and M.-H. Kim, “Linear interpolation and Machine Learning Methods for Gas Leakage Prediction Base on Multi-source Data Integration,†Journal of the Korea Convergence Society, vol. 13, no. 3, pp. 33–41, Mar. 2022.
A. Sutanto, E. Eradaru, and J. Cahyadi, “Perancangan Animasi Tentang Teknik Dan Manfaat Meditasi Pernapasan,†vol. 1, no. 16, pp. 1–10, 2020, Accessed: Jun. 24, 2022. [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/10220/9148.
Wulandari, Elin. “Implementasi Animasi 2 Dimensi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Palembang,†M.S. thesis, Computer Engineering, State Polytechnic of Sriwijaya, Palembang, PLM, 2021.
P. Pardimin, “Pengembangan YouTube Pembelajaran Aplikasi Kalkulus Integral pada Geometriâ€, wacana akademika, vol. 3, no. 1, pp. 47–60, Apr. 2019.