Aplikasi Dakwah Berbasis Web Pada Komunitas Kajian Remaja Muslim Menggunakan Rational Unified Process

Apit Priatna, Arif Maulana Yusuf, Deta Andriyan Fadita

Abstract


Web dapat dianalogikan sebagai sebuah rumah yang dapat ditempati bersama-sama atau pun sendiri, sehingga ketika orang sudah memiliki sebuah aplikasi web, maka orang berikut telah mendapat suatu ruang pada dunia maya. Komunitas Kajian Remaja Muslim Karawang merupakan salah satu komunitas yang bergerak di bidang dakwah agama Islam yang ada di Karawang. Komunitas ini bergerak untuk meningkatkan nilai agamis dalam bidang dakwah, kegiatan sosial, kemanusiaan, dan lain-lain. Komunitas Remaja Muslim Karawang didirikan pada tahun 2016, berawal dari sekumpulan remaja yang sering menghadiri tausiyah dan zikir bersama-sama. Perencanaan dalam dakwah yaitu dengan melihat ke depannya, menetapkan, dan merumuskan suatu kebijaksanaan dengan tindakan-tindakan pada dakwah yang akan dilaksanakan dalam waktu-waktu ke depan mendatang guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sistem yang dibangun meliputi data jadwal kajian, rangkuman ceramah, dokumentasi, artikel dan forum diskusi. Permasalahan yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan yaitu belum sepenuhnya menggunakan fasilitas teknologi informasi untuk lebih mempermudah dalam pengelolaan program dakwah. Data yang diolah sistem ini yaitu : data jadwal kajian, data rangkuman ceramah, data dokumentasi, data artikel dan forum diskusi. Aplikasi Dakwah Komunitas Remaja Muslim Karawang dikembangkan dengan menggunakan suatu metode pengembangan sebuah sistem Rational Unified Process (RUP), PHP sebagai bahasa pemograman dan menggunakan pemodelan sistem Unified Modeling Language (UML).

Keywords


Dakwah; Kajian; RUP; UML; WEB

Full Text:

PDF

References


D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, 2018.

K. Abdul Rahman, R. Kasbun, and M. N. Mohd Suhaini, “Perkembangan aplikasi mudah alih dalam penyebaran dakwah Islam,” Proceeding Int. Conf. Inf. Technol. Soc. 2015, 2015.

Y. Utama, “Informasi,” Sist. Inf., 2018.

Z. Fuad, K. U. Islam, and A. Selangor, “Pendekatan Bahasa Dalam Dakwah (Satu Kajian Dari Perspektif Al-Qur’an),” J. Penyelid. Dan Inov., 2015.

D. Prijatna, H. Handarto, and Y. Andreas, “RANCANG BANGUN PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS,” J. Teknotan, 2018.

A. Maulana and Y. K. Suhada, “Perancangan Aplikasi Repository Intranet Pada Laboratorium Komputer Kampus A STMIK Rosma,” Infoman’s, 2018.

W. Budiantoro, “Dakwah di Era Digital,” KOMUNIKA J. Dakwah dan Komun., 2018.

C. Casro, Y. Purwati, G. Setyaningsih, and A. P. Kuncoro, “Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Di Indotechno Purwokerto,” J. Sains dan Inform., 2020.

A. Dr. Harnovinsah, “Modul 3 Metode Pengumpulan Data,” Metodol. Penelit., 2019.

M. Penelitian and M. P. Bisnis, “Metode riset,” Jurnal manajemen. 2009.

K. Joesyiana, “Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional,” J. Chem. Inf. Model., 2019.

I. Bastian, R. D. Winardi, and D. Fatmawati, “Metoda Wawancara,” Metod. Pengumpulan dan Tek. Anal. Data, 2018.

S. K. Titik Lestari, Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. 2015.

J. D. Kaufman, K. G. Pohler, J. T. Mulliniks, and A. G. Ríus, “Lowering rumen-degradable and rumen-undegradable protein improved amino acid metabolism and energy utilization in lactating dairy cows exposed to heat stress,” J. Dairy Sci., 2018.

H. Setiady and Yulistia, “Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Berbasis Web Pada Dewi Florist,” Sist. Inf., 2016.

K. Lano, “Class Diagrams,” in Agile Model-Based Development Using UML-RSDS, 2017.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v5i2.5640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]