Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Penjualan Pada Restoran Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v5i1.4794Keywords:
Apriori, Data Mining Menu Makanan, Pola Penjualan, Restoran SederhanaAbstract
Restoran Sederhana adalah perusahaan waralaba Indonesia yang bergerak di bidang jasa boga atau makanan dengan ciri khas  masakan Padang, juga memiliki hidangan khusus, yakni Ayam Pop yang telah dikenal luas. Pihak manajemen Restoran Sederhana terkadang sering mengalami kendala dalam memenuhi pemesanan  makanan yang ada dan terkendala dengan bahan baku. Oleh sebab itu Pihak manajemen Restoran Sederhana dituntut untuk mencari solusi dalam pengelolaan kebutuhan bahan baku makanan dan menemukan strategi yang dapat meningkatkan usaha dibidang penjualan terutama harus meningkatkan pelayanan terbaik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah harus meningkatkan pelayanan terbaik dan mencari asosiasi dari menu makanan yang tersedia dengan cara mengikuti pola pembelian yang sering dilakukan pelanggan tersebut untuk mempermudah pengambilan  keputusan persediaan bahan baku makanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara adalah menggunakan teknik analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA) yaitu analisis  dari  kebiasaan membeli  konsumen dengan algoritma Apriori. Metode Apriori  ini merupakan suatu cara mengukur data kedekatan antar menu makanan yang disediakan Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui pola penjualan menu makanan yang ada pada Restoran Sederhana  dan   untuk  mengetahui  manajemen  bahan  baku pembuatan menu makanan.References
R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program e S. Administrasi, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan,†vol. 2, nº 2, pp. 286-303, 2016.
A. H. Nasyuha et al., “Frequent pattern growth algorithm for maximizing display items,†Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 19, no. 2, pp. 390–396, 2021, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.v19i2.16192.
J. Hutagalung and F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah Asuransi,†vol. 5, no. 3, pp. 1187–1194, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.
J. Hutagalung, N. L. W. S. R. Ginantra, G. W. Bhawika, W. G. S. Parwita, A. Wanto, and P. D. Panjaitan, “COVID-19 Cases and Deaths in Southeast Asia Clustering using K-Means Algorithm,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1783, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012027.
I. P. Astuti, “Algoritma Apriori Untuk Menemukan Hubungan Antara Jurusan Sekolah Dengan Tingkat Kelulusan Mahasiswa,†Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, 2019.
M. Syahril, K. Erwansyah, M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Aprioriâ€, J-Sisko Tech,†vol. 3, no. 1, pp. 118–136, 2020.
K. Erwansyah, B. Andika, and R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Belanja Produk Pada Toko Avis Mobile,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 4, no. 1, p. 148, 2021, doi: 10.53513/jsk.v4i1.2628.
I. F. P. Ginting, D. Saripurna, and E. Fitriani, “Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Pola Ketersediaan Stok Barang Berdasarkan Permintaan Konsumen Di Chykes Minimarket Menggunakan Algoritma Apriori,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 20, no. 1, p. 28, 2021, doi: 10.53513/jis.v20i1.2504.
H. Kusumo, “Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,†Walisongo Journal of Information Technology, vol. 1, no 1, 2019.
K. Erwansyah And T. Syahputra, “Penerapan Data Mining Untuk Mendapatkan Paket Promo,†Journal of Science and Social Research, Vol. 4307, No. June, Pp. 96–105, 2021.