Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Penjualan Pada Restoran Sederhana

Authors

  • Randi Abizal STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v5i1.4794

Keywords:

Apriori, Data Mining Menu Makanan, Pola Penjualan, Restoran Sederhana

Abstract

Restoran Sederhana adalah perusahaan waralaba Indonesia yang bergerak di bidang jasa  boga  atau  makanan  dengan  ciri  khas   masakan  Padang, juga memiliki hidangan khusus, yakni Ayam Pop yang telah dikenal luas. Pihak manajemen Restoran Sederhana terkadang sering mengalami kendala dalam memenuhi pemesanan   makanan  yang  ada dan terkendala  dengan bahan  baku.  Oleh sebab  itu  Pihak  manajemen  Restoran  Sederhana  dituntut  untuk  mencari solusi dalam pengelolaan kebutuhan bahan baku makanan dan menemukan strategi yang dapat meningkatkan usaha dibidang penjualan terutama harus meningkatkan pelayanan terbaik.  Salah satu strategi  yang dapat  dilakukan adalah  harus  meningkatkan  pelayanan  terbaik dan mencari asosiasi dari menu makanan yang tersedia dengan  cara  mengikuti  pola  pembelian  yang  sering  dilakukan pelanggan tersebut untuk mempermudah  pengambilan   keputusan  persediaan bahan baku makanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut  salah satu  cara adalah menggunakan teknik analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA)  yaitu  analisis   dari   kebiasaan  membeli   konsumen  dengan algoritma Apriori. Metode Apriori  ini merupakan suatu cara mengukur data kedekatan antar menu makanan yang disediakan Hasil akhirnya adalah suatu aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk  untuk  mengetahui  pola  penjualan  menu  makanan  yang  ada  pada Restoran Sederhana   dan   untuk   mengetahui   manajemen   bahan   baku pembuatan menu makanan.

Author Biographies

Randi Abizal, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Gusrizaldi, E. Komalasari, M. Dan, D. Program e S. Administrasi, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan,†vol. 2, nº 2, pp. 286-303, 2016.

A. H. Nasyuha et al., “Frequent pattern growth algorithm for maximizing display items,†Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 19, no. 2, pp. 390–396, 2021, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.v19i2.16192.

J. Hutagalung and F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah Asuransi,†vol. 5, no. 3, pp. 1187–1194, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.

J. Hutagalung, N. L. W. S. R. Ginantra, G. W. Bhawika, W. G. S. Parwita, A. Wanto, and P. D. Panjaitan, “COVID-19 Cases and Deaths in Southeast Asia Clustering using K-Means Algorithm,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1783, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012027.

I. P. Astuti, “Algoritma Apriori Untuk Menemukan Hubungan Antara Jurusan Sekolah Dengan Tingkat Kelulusan Mahasiswa,†Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, 2019.

M. Syahril, K. Erwansyah, M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Aprioriâ€, J-Sisko Tech,†vol. 3, no. 1, pp. 118–136, 2020.

K. Erwansyah, B. Andika, and R. Gunawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Belanja Produk Pada Toko Avis Mobile,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 4, no. 1, p. 148, 2021, doi: 10.53513/jsk.v4i1.2628.

I. F. P. Ginting, D. Saripurna, and E. Fitriani, “Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Pola Ketersediaan Stok Barang Berdasarkan Permintaan Konsumen Di Chykes Minimarket Menggunakan Algoritma Apriori,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 20, no. 1, p. 28, 2021, doi: 10.53513/jis.v20i1.2504.

H. Kusumo, “Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,†Walisongo Journal of Information Technology, vol. 1, no 1, 2019.

K. Erwansyah And T. Syahputra, “Penerapan Data Mining Untuk Mendapatkan Paket Promo,†Journal of Science and Social Research, Vol. 4307, No. June, Pp. 96–105, 2021.

Downloads

Published

2022-01-17