Data Mining Untuk Analisis Pola Pemilihan Menu Pada Penang Corner Cafe Dan Resto Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma
  • Elpandri Elpandri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v1i2.37

Keywords:

Data Mining, Algoritma Apriori

Abstract

Penang Corner Cafe dan Resto akan melakukan pengolahan data menu makanan melalui data transaksi. Berdasarkan data transaksi yang di dapat selama bulan Desember tahun 2017 daya beli konsumen terhadap suatu menu sangat beragam, ada yang daya belinya tinggi dan ada yang rendah. Bahkan ada yang mangalami perbedaan yang sangat signifikan antara menu yang satu dengan yang lainnya. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Pihak kafe dapat memanfaatkan informasi tesebut untuk mengambil tindakan bisnis yang sesuai, dalam hal ini informasi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menetukan strategi penjualan selanjutnya. Dengan demikian, akan dilakukan analisa pada data transaksi sehingga mendapatkan pola-pola pemilihan menu antara menu yang satu dengan menu yang lainnya. Dari hasil uji coba pada penelitian ini, ditemukan bahwa semakin besar minimum support dan minimun confidence, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan semakin sedikit rekomendasi yang diberikan, namun rekomendasi yang diberikan berasal dari transaksi yang sering muncul.

References

Amrin. 2017. Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk. Paradigma. 74-79.

Anas, A. 2016. Analisa Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan SMPN 3 Batanghari. Jurnal Ilmiah Media SISFO, 10(2), 283-286.

Kusrini, & Luthfi, E. T. 2009. Algoritma Data Mining.Yogyakarta: Andi.

Novianti, D. 2014. Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. Yogyakarta: Deepublish.

Silalahi, N. (Februari 2016). Penerapan Association Rule Dengan Algoritma Apriori Untuk Menemukan Pola Data Penjualan Accessories Handphone. Jurnal Ilmiah INFOTEK, 1 (1). 114-123.

Suyanto. 2017. Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika.

Downloads

Published

2018-05-22