Penerapan Transformasi Translasi Dan Rotasi Untuk Visualisasi Objek 3d Pada Aplikasi Desktop

Authors

  • Herriyance Herriyance Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v1i2.35

Keywords:

Transformasi, 3D, OpenGL

Abstract

Dalam penerapannya, grafika komputer dapat dikembangkan dalam berbagai bidang, contohnya grafika komputer  2D dan  3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Secara konseptual, teknologi visualisai  3D dapat diciptakan melalui pengaplikasian primitive drawing pada grafika komputer. Pada jurnal ini, unsur grafika komputer khususnya transformasi translasi dan rotasi objek  3D dipergunakan untuk pembuatan game Snake 3D. OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik  2D maupun 3D. OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Jurnal ini menggunakan salah satu tools yang tersedia pada OpenGL dimana terdapat banyak fungsi yang dapat dipakai untuk pembuatan application window.

References

Zuliana, Eka. 2015. Mandiri Matematika. Jakarta: Erlangga

D. Astle & K. Hawkins, “Beginning OpenGL Game Programmingâ€, Thomson Course Technology, USA, 2004

Addison, “OpenGL Programming Guideâ€, Wesley Publishing Company

Ardhianto, Eka dkk. 2012. “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blenderâ€. Semarang: Universitas Stikubank

Andono, Dr. Pulung Nurtantio dkk. 2016. “Konsep Grafika Komputerâ€. Yogyakarta. Andi

Kanginan, Marthen. 2006. “Buku Pelajaran Untuk Kelas XII Semester I Sekolah Menengah Atas Program Ilmu Pengetahuan Alamâ€. Bandung. Grafindo

Downloads

Published

2018-07-22