Penerapan Transformasi Translasi Dan Rotasi Untuk Visualisasi Objek 3d Pada Aplikasi Desktop
DOI:
https://doi.org/10.53513/jsk.v1i2.35Keywords:
Transformasi, 3D, OpenGLAbstract
Dalam penerapannya, grafika komputer dapat dikembangkan dalam berbagai bidang, contohnya grafika komputer 2D dan 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Secara konseptual, teknologi visualisai 3D dapat diciptakan melalui pengaplikasian primitive drawing pada grafika komputer. Pada jurnal ini, unsur grafika komputer khususnya transformasi translasi dan rotasi objek 3D dipergunakan untuk pembuatan game Snake 3D. OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik 2D maupun 3D. OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Jurnal ini menggunakan salah satu tools yang tersedia pada OpenGL dimana terdapat banyak fungsi yang dapat dipakai untuk pembuatan application window.References
Zuliana, Eka. 2015. Mandiri Matematika. Jakarta: Erlangga
D. Astle & K. Hawkins, “Beginning OpenGL Game Programmingâ€, Thomson Course Technology, USA, 2004
Addison, “OpenGL Programming Guideâ€, Wesley Publishing Company
Ardhianto, Eka dkk. 2012. “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blenderâ€. Semarang: Universitas Stikubank
Andono, Dr. Pulung Nurtantio dkk. 2016. “Konsep Grafika Komputerâ€. Yogyakarta. Andi
Kanginan, Marthen. 2006. “Buku Pelajaran Untuk Kelas XII Semester I Sekolah Menengah Atas Program Ilmu Pengetahuan Alamâ€. Bandung. Grafindo
Downloads
Published
2018-07-22
Issue
Section
Articles