Penerapan Algoritma OTP dan Algoritma RSA CRT dalam Pengamanan Cintra

Authors

  • Rani Lestari STMIK Kaputama Binjai
  • Relita Buaton STMIK Kaputama Binjai
  • Imeldawaty Gultom

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v4i2.3288

Keywords:

citra, kriptografi, one time pad, rsa crt

Abstract

Perkembangan teknologi seperti saat ini memungkinkan  setiap orang untuk saling bertukar informasi tanpa ada batasan waktu dan jarak. Kemungkinan yang akan terjadi adanya kebocoran data pada saat proses pertukaran informasi yang dilakukan, oleh karena itu dalam pengiriman data khususnya citra, aspek keamanan, kerahasiaan dan efisiensi penyimpanan data sangat diperlukan. Citra ada yang bersifat rahasia ada yang tidak. Citra yang bersifat rahasia perlu mendapatkan pengamanan agar kerahasiaan gambar tidak diketahui oleh pihak yang tidak berwenang. Salah satu cara untuk melakukan pengamanan citra adalah dengan teknik kriptografi. Kriptografi citra merupakan ilmu dan seni untu menjaga keamanan citra dengan cara penyandian terhadap citra yang akan dikirim dari satu tempat ke tempat lain sehingga bentuk citra tidak dimengerti lagi maknanya. Dalam proses kriptografi banyak algoritma dan metode yang dapat digunakan untuk mengamankan suatu citra, yaitu seperti algoritma One Time Pad dan algoritma RSA CRT enkripsi citra dapat dilakukan dan semua citra berhasil dikembalikan ke bentuk citra asli. Dari penelitian ini dapat disimpulkan algoritma one-time pad dan rsa crt dapat digunakan untuk kriptografi citra dengan efektif.

References

D. R. I. M. Setiadi, E. H. Rachmawanto, and C. A. Sari, “Implementasi One Time Pad Kriptografi Pada Gambar Grayscale Dan Gambar Berwarna,†Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. Unisbank Ke-3(Sendi_U 3), pp. 50–56, 2017.

R. Herteno, “Steganografi Untuk Pesan Terenskripsi Menggunakan Agoritma,†2019.

N. R. Nasution, “Kombinasi RSA-CRT dengan Random LSB untuk Keamanan Data,†vol. 5341, no. April, pp. 32–42, 2017.

A. P. N. Nurdin, “Analisa Dan Implementasi Kriptografi Pada Pesan Rahasia,†Jesik, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2017, [Online]. Available: [email protected].

A. Fauzi, Y. Maulita, and Novriyenni, “Perancangan Aplikasi Keamanan Pesan Menggunakan Algoritma Elgamal Denganmemanfaatkan Algoritma One Time Pad Sebagai Pembangkit Kunci,†J. Tek. Inform. Kaputana, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2017.

D. Garg and S. Verma, “Improvement over public key cryptographic algorithm,†2009 IEEE Int. Adv. Comput. Conf. IACC 2009, pp. 734–739, 2009, doi: 10.1109/IADCC.2009.4809104.

Downloads

Published

2021-07-31