Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemberian Pinjaman Usaha Kecil Menengah Menggunakan Metode Electree

Authors

  • rawinder singh Universitas Prima Indonesia
  • Oloan Sihombing Universitas Prima Indonesia
  • Gilbert Mario Basatua Silitonga Universitas Prima Indonesia
  • Riska Wahyuni Universitas Prima Indonesia
  • Amara Yohan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v4i2.3232

Abstract

Saat ini banyak perusahaan yang masih menggunakan manual dalam mengerjakan setiap pekerjaan kantor salah satunya adalah koperasi simpan pinjam untuk menentukan nasabah terbaik masih secara konvensional dan tidak memiliki metode khusus dan masih kurang efektif. Berdasrkan itu peneliti ingin membuat Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan nasabah Terbaik dengan metode electre. Dimana metode electre melakukan pengujian berdasarkan kriteria mengurutkan berdasrkan nilai dan rangking yang didapatkan dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian Sistem Pendukung Keputusan dengan metode electre untuk menghitung hasil dalam menyelesaikan masalah penyeleksian pemilihan nasabah terbaik menggunakan 4 nasabah yang di uji masing-masing diberikan nilai yang berbeda-beda dari hasil pengujian menghasilkan nasabah terbaik dengan nilai 3, 4.

References

DAFTAR PUSTAKA

Deni Adhar. 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Jabatan nasabah pada PT. AYN dengan metode Profile Matching†Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol.2. No.1 September. 2014. STMIK Potensi Utamaâ€. Bandung: Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Faisal Faruq. 2017. “Aplikasi Informasi Akademik Berbasis Web di SMP Negeri 2 Baleendah†Journal e-Proceeding of Apllied science. Vol.3. No.3. Desember 2017. Universitas Telkom.

Fanny Andalia. Eko Budi. “Pengembangan Sistem Informasi pengelolahan Datya Mencari Kerja pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kota Padang†Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol.4. no. 2. Oktober 2015. Unversitas Komputer Indonesia

Kusrini. 2007. “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan†Ed.1. Yogyakrta (cv.Andi).

Linda Marlinda. 2016 “Sestem Pendukung Keputusan Tempat Wisata Yogyakarta menggunakan Metode Elimination Etchoix Traduisant Realita (ELECTRE). Jurnal Teknik Informatika. Amik Bina Sarana Informatika.

Muchammad Ressa Fariski. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap nasabah Medis†Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.6. No.5. Mei 2017.

Pratiwi, Heny. 2016. “Sistem Pendukung Keputusan†Ed.1. Samarinda. DEepublish (CV.Budi utama).

Putri Ariani, dkk. 2016. “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk memberikan rekomendasi Properti di kabupaten Buleleng’. kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). Vol. 5. No.2. Tahun 2016. Universitas Pendidikan Ganesha.

Radiant V. Imbar, dkk. 2016. “Sistem Pendukung Keputusan penerima beasiswa dengan metode Simple Aditive Weighting (Studi Kasus di fakultas Teknologi Informasi U.K.Maranatha)â€. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol.2. No.3. Desember. 2016. Universitas Kristen Maranatha.

Satriawaty Malluu. 2015. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan nasabah Kontrak menjadi nasabah Tetap Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol.1. No. 2. April 2015. STMIK Profesional.

Wildan Fauzi. 2016. ‘Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Dana Rutilahu dengan menggunakan Metode ELECTRE†Seminar Nasional Teknologi Informatika Informasi dan Komunikasi. Universitas Lendral Jawa Baraty

Downloads

Published

2021-07-31