IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI MERKLE HELLMAN DALAM MENGAMANKAN DATA NILAI SISWA SMK WIRA KESUMA JAYA KEC. NAMO RAMBE

Pur Wadi

Abstract


Nilai adalah pencapaian hasil belajar peserta didik secara komulatif dalam satu semester. komulatif artinya perata-rataan dari rata-rata nilai ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Data nilai siswa adalah suatu bentuk informasi penting yang diterima oleh siswa dari hasil proses belajar dan pembelajaran, baik itu nilai rapor, ijazah, nilai ulangan sehari hari dan sebagainya. Data nilai siswa juga digunakan untuk mengetahui sampai mana pemahaman siswa saat terjadinya proses pembelajaran . Hasil belajar siswa juga banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu faktor yang berasal dari dalam individu yang belajar, contoh jasmani dan rohani. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor yang berasal dari luar individu itu sendiri, contoh keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Pada permasalahan yang dibahas, dapat menerapkan Perancangan Aplikasi Keamanan Data salah satunya ialah menggunakan algoritma Markle Hellman dalam mengamankan data nilai siswa. Dengan mengamankan data nilai siswa bertujuan untuk membantu PKS Kurikulum dalam mengamankan data nilai siswanya.

Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Pengamanan Data dengan Algoritma Markle Hellman yang dapat membantu PKS Kurikulum dalam mengamankan data nilai siswa.

Keywords


Kriptografi, Markle Hellman, dan Data Nilai Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v4i1.2612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]