Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Potensi Kecamatan Gawat Tuberculosis Pada Wilayah Kerja TB-HIV Care Aisyiyah Deli Serdang Menggunakan Metode Weighted Sum Model (WSM)

Prio Agung Wicaksono, Faisal Taufik, Ismawardi Santoso

Abstract


Tuberculosis adalah penyakit menular yang sangat berbahaya, karena penularannya melewati udara. Penularan penyakit tuberculosis disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium Tuberculosis yang terbang ketika penderita penyakit Tuberculosis batuk, bersin, atau berbicara dengan memercikkan ludah, bakteri TB akan ikut melalui ludah tersebut untuk terbang keudara. Selanjutnya, bakteri akan masuk ketubuh orang lain melalui udara yang dihirup. Oleh karena itu penularan penyakit TBC jarang bisa di pantau dan para penderita tidak mengetahui bahwa mereka sedang menderita penyakit TBC. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang berguna untuk menentukan potensi kecamatan gawat penyakit TBC, agar penyebaran penyakit tersebut mudah di tanggulangi.

Dari uraian diatas perlu dibuat suatu sistem yang dapat membantu mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan potensi kecamatan gawat tuberculosis pada wilayah kerja TB-HIV Care Aisyiyah dengan menggunakan metode weighted sum model(wsm).

Hasil dari penelitian adalah, Pertama dapat memperoleh Kecamatan yang sesuai dengan kriteria itu sendiri dan akan menghasilkan sumber informasi yang berguna bagi TB-HIV Care, Kedua sistem ini dapat mempermudah untuk mengetahui proses pengolahan data kecamatan melalui sistem terkomputerisasi dan yang Ketiga sistem ini dapat membantu dalam menentukankecamatan yang berpotensi gawat tuberculosis, sehingga dapat diberikan penanganan lebih kepada para penderita.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v4i1.2611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]