Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Jasa Kebersihan Di Pt. SASMenggunakanMetode Fuzzy Asosiative Memory

  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arief STMIK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Metode Fuzzy Tsukamoto, Menentukan Tingkat Kepuasan Customer

Abstract

PT. Sukses Anugrah Sejahtera (SAS) adalah  professional multi services company yang bergerak di bidang jasa cleaning service yang berpusat di Medan, berhasrat untuk dapat berkembang dengan menciptakan pelayanan yang prima kepada semua customer. harus mendapatkan tingkat kepuasan yang maksimal. Permasalahan yang terjadi pada saat ini adalah dalam menilai tingkat kepuasan customer masih menggunakan cara manual, yaitu dengan menyebarkan angket yang diprint dengan kertas HVS kepada setiap customer. Hal ini tentunya kurang efektif dikarenakan angket yang diberikan kepada customer bisa saja hilang atau robek. Sistem pendukung keputusan untuk menentukan tingkat kepuasan customer merupakan sistem yang berguna untuk membantu menghasilkan informasi yang mendukung bagi proses pengambilan keputusan mengenai besar kecilnya kepuasan customer terhadap perusahaan. Adapun metode yang akan digunakan dalam sistem pendukung keputusan adalah metode Fuzzy Assosiative Memory. Karena metode ini dapat menetukan nilai bobot untuk setiap atribut dengan tingkat akurasi yang baik.

References

Artika, Rini. (Agustus 2013). Penerapan Analitycal Hierarcy Process Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru SD Negeri. Jurnal Pelita Informatika. Vol 4 (3). Hal 124.

A.S Rosa, Salahuddin M. (2015). Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Penerbit Modula : Bandung.

Kusumadewi, Sri. (Maret 2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol XII (1). Hal 1.

Magdalena, Hilyah. (Maret 2012). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik Studi Kasus STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol 1 (2). Hal 50.

Malisa. (Maret 2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Perbaikan Jalan Menggunakan Metode SAW. Seminar Nasional Sistem Informasi. Vol 1 (2). Hal 71.

Rofiq, Muhammad. (Februari 2013). Perancangan Manajemen Bandwidth Internet Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi. Vol 7 (1). Hal 5.

Rohayani, Hetty. (April 2013). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy. Jurnal Sistem Informasi. Vol 5 (1). Hal 535.

Sholeha, Ludviyatus. (Desember 2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di AHASS Sumber Jaya Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 1 (1). Hal 18.

Syahrizal, Muhammad. (Agustus 2012). Perancangan Sistem Aplikasi Pembuatan Roster Mata Kuliah Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika. Vol1 (1). Hal 65.

Wicaksono, Agung. (Agustus 2014). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Dengan Algoritma Fuzzy Tsukamoto di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Jurnal Ilmiah Sinus. Vol 1 (1). Hal 14.

Yudivianto, Agung. (Agustus 2010). Strategi Pendanaan dan Peminjaman Modal Usaha. Jurnal Ekonomi Universitas Indonesia. Vol 1 (1). Hal 11./

Published
2020-01-08