Analisis Kesiapan Satuan Pendidikan Kejuruan Dalam Penerapan Kurikulum Aceh Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Di Kota Lhokseumawe

Zahratul Fitri

Abstract


Kurikulum Aceh disusun sebagai aktualisasi Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan memberi kewenangan kepada Pemerintah Propinsi Aceh. Kurikulum Aceh adalah kurikulum inovasi dari kurikulum 2013 yang hanya diterapkan di propinsi Aceh. Kurikulum tersebut disusun untuk mewujudkan generasi muda Aceh yang berkompeten serta menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Acehan yang islami. Propinsi Aceh merupakan propinsi paling barat Indonesia, memiliki kekayaan alam yang melimpah dan letaknya yang sangat strategis adalah acuan utama pemerintah untuk mempersiapkan generasinya dalam rangka mendukung cita-cita nasional menjadikan bonus demografi pada tahun 2028 sampai 2031 menjadi kekuatan bangsa. Untuk mewujudkan cita-cita dimaksud perlu adanya persiapan generasi muda sejak dini. Pendidikan adalah instrumen utama yang penting diperhatikan, semua aspek mestilah bersinergi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

          Adapun fokus pada penelitian ini adalah kesiapan satuan pendidikan kejuruan di Kota Lhokseumawe. Peneliti menganalisis indikator-indikator yang berhubungan langsung dengan tingkat kesiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum Aceh. Indikator-indikator  dimaksud tidak keluar dari delapan standar pendidikan nasional yang telah dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Kedelapan standar tersebut akan dijabarkan dalam indikator-indikator dan sub indikator.

            Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Metode Fuzzy Tsukamoto, dimana Setiap konsekuen pada aturan yang berbentuk IF-THEN harus direpresentasikan dengan suatu himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang monoton. Sebagai hasilnya, output hasil inferensi dari tiap-tiap aturan diberikan secara tegas berdasarkan α-predikat. Hasil akhirnya diperoleh dengan menggunakan rata-rata terbobot. Konsep dasar dari penelitian ini  adalah  penerapan logika samar  (Fuzzy  Logic) yaitu  Himpunan  Samar  (Fuzzy  Sef)  dan  metode  Penarikan  Kesimpulan  Samar  (Fuzzy lnference system) Tsukamoto untuk membantu menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan kejuruan dalam penerapan kurikulum Aceh di Kota Lhokseumawe.

Keywords


Kurikulum Aceh, Fuzzy Tsukamoto.

Full Text:

PDF

References


. Calon Fasilitator TOT IN 2 Implementasi program 2013 untuk kepala sekolah dan pengawas.

. Dewi, S.K. dan Hartati, S. 2010, Integrasi Neuro-Fuzzy Sistem Fuzzy dan Jaringan Saraf Tiruan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

. Kusumadewi, Sri. Msgstr "Menggunakan Fuzzy - Decision Support Logic". Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011, hlm. 23.9.

. Kusumadewi, Sri. "Pengantar Kecerdasan Buatan". Yogyakarta: Graha Science, 2011, BAB 7.

. Kurinasih, Imas dan Berlin Sani (B). 2014. Keberhasilan implementasi kurikulum 2013: Berbagai aspek kurikulum 2013 dipahami oleh Surabaya: kata-kata Pena.

. Lampiran IV, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No. 81A 2013, tentang implementasi pedoman tentang kurikulum magang umum.

. Lazim M, 2013, Aplikasi Fisik Pendekatan Ilmiah untuk Program Pembelajaran 2013, Yogyakarta, 2013.

. Nana Syaodih Sukmadinata. (2000). Teori dan praktik pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. PPPPTK-SB Yogyakarta, (2013), materi pelatihan untuk implementasi Program Supervisi Sekolah 2013, penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta 2013

. PPPPTK SB Yogyakarta. 2013. Bahan Ajar "Pendekatan dan Strategi Pembelajaran".

. Peraturan No. 81A dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2013 tentang pelaksanaan Program 2013.

. Qanun Aceh nomor 9 tahun 2015 tentang implementasi pendidikan di provinsi Aceh.

. Riandi Rahmat Nugraha, 2011, Aplikasi logika fuzzy untuk menghitung tunjangan harian, kurikulum teknik IT, ITB Bandung, Dokumen Struktur Diskrit IF2091 - Sem. I tahun 2011/2012.

. Sugiyono, 2009. Metode penelitian komersial (kualitatif, kuantitatif dan penelitian dan pendekatan pengembangan). Band: Alfabeta.

. T. Autojo, S. Si., M.Kom. "Kecerdasan buatan". Semarang: ANDI Yogyakarta dan UDINUS Semarang, 2010.




DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v3i1.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI DAN SISTEM KOMPUTER TGD [ J-SISKO TECH]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]