Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

  • Muhammad Syahril STMIK triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK triguna Dharma
Keywords: Data Mining, Pola Penjualan, Algoritma Apriori

Abstract

Penjualan merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang cukup penting dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Pencapaian tingkat penjualan perusahaan adalah salah satu indikator dari tingkat kemajuan perusahaan, untuk mampu mencapai tingkat penjualan yang telah ditargetkan perusahaan itu berarti perusahaan harus mampu menciptakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen juga bagaimana produk ini menjadi sumber profit bagi perusahaan sebagai fokus perusahaan dalam memasarkan produknya. Banyaknya data transaksi yang disimpan menyebabkan penumpukan data. Data tersebut dapat diolah lebih lanjut menjadi suatu infomasi yang berguna bagi manajer atau pelaku usaha pada PT. Panen Lestari Internusa dalam pengambilan keputusan, melakukan analisis terhadap penjualan pada produknya, mengatur stok serta pola yang ada pada perusahaan tersebut dan melakukan strategi penjualan yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan atau usaha tersebutOleh karena itu diperlukan adanya sistem yang dapat membantu dalam menerapkan data penjualan dan transaksi untuk mengatur pola penjualan produk, mengatur stok bahan produk dan menerapkan strategi pemasaran. Algoritma Apriori adalah metode yang sering memanfaatkan itemset dalam pertambangan data atau produk.

References

Andi, & Madcoms. (2010). Seri Panduan Pemrograman Database Visual Basic dengan Crystal Report.

Yogyakarta: Andi, & Madiun: Madcoms.

Hendrayudi. (2011). Dasar-Dasar Pemrograman: Microsoft Visual Basic 2008. Bandung: Satu Nusa.

Jogiyanto, H.M. (2012). Analisis dan Desain. Yogyakarta: Andi Offset.

Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma Data Mining dan Pengujian. Yogyakarta: Deepublish.

Rosa, A.S., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek.

Bandung: Informatika.

Ali Ikhwan, Dicky Nofriansyah, Sriani. (2011). “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk

Mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma)”. Jurnal Saintikom,

(3), 213.

Ristianingrum, Sulastri,Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori, Jurnal Prosiding SINTAK

, 372-382

Ristianingrum, Sulastri,Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma

Apriori, Jurnal Prosiding SINTAK 201, 372-382

Yohanni Syahra, Yusnidah, Beni Andika, Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Dipadukan Dengan Model Fuzzy Recency Frequency Monetary (RFM) Untuk Costumer Relationship Management (CRM), Jurnal SAINTIKOM Vol. 15, No. 1, Mei 2016

Published
2020-01-22