Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada Aliyah Aras Kabu Agung Tanjungbalai Menggunakan Metode AHP

Authors

  • Dahriansah Dahriansah STMIK Royal Kisaran
  • Andri Nata STMIK Royal Kisaran
  • Indra Ramadona Harahap STMIK Royal Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v3i1.199

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Aliyah Aras Kabu, Siswa, Analytical Hierarchy Process

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan siswa berprestasi pada Aliyah Aras Kabu Tanjungbalai berdasarkan kriteria yang ditentukan dengan menggunakan teknik sistem pendukung keputusan.. Teknik pengambilan keputusan multi kriteria ini didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting kriteria tersebut dengan kriteria lain. Hasil akhir yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini akan memberikan suatu alternatif, untuk merekomendasikan siswa berprestasi pada Aliyah Aras Kabu Tanjungbalai. Adapun Nama siswa berprestasi pada Aliyah Aras Kabu Menurut Pehitungan Metode AHP Adalah Dari hasil perhitungan yang dilakukan oleh sistem, didapat bahwa ada 1 (satu) siswa yang bisa dijadikan rekomendasi dari 4 (empat) data penelitian yang dilakukan. Siswa tersebut berinisial A4 dengan nilai tertinggi 1,000.

References

Agnia Eva Munthafa dan Husni, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi†Jurnal Siliwangi Vol. 3. No. 2, 2017

Aji Sasongko dkk, “Pemilihan Karyawan Baru Dengan Metode Ahp (Analytic Hierarchy Process),†Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 12, No. 2, 2017.

Evan Rosiska, “Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam Menentukan Mitra Usaha Berprestasiâ€, Jurnal Resti, Vol.2 No. 2, 2018.

Rusydi Umar dkk., “Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawanâ€, Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 4, No. 1, 2018.

Ernawati dkk, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching,†Jurnal Sistem Informasi, 2017.

Downloads

Published

2020-01-22