Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Toko Indomaret Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (FAM)

  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dhama
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dhama
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dhama
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Associative Memory, Tingkat Kepuasan

Abstract

kepuasan pelanggan sangat krusial bagi kalangan bisnis, pemerintah, dan juga konsumen. Dalam dunia Usaha, tingkat kepuasan pelanggan dipandang sangat pital. Karena tingkat kepuasan pelanggan berpotensi pada meningkatnya pertumbuhan penjualan jangka panjang dan jangka pendek, serta pangsa pasar sebagai hasil pembelian ulang. Sedangkan, kualitas layanan adalah pendorong utama kesetiaan konsumen di mana kesetiaan tersebut terkait dengan perilaku konsumen. Ada beberapa kriteria dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yaitu dapat dilihat dari bukti langsung (fisik tampilan toko ataupun karyawan), kehandalan dan ketanggapan. Untuk itu dikembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang di gunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan. Sistem ini juga merupakan suatu sistem informasi berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan yang membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menggunakan data atau model. Sistem ini biasanya dibangun untuk mendukung solusi atas suatu masalah atau untuk mengevaluasi suatu peluang.Untuk meningkatkan ketelitian dalam menentukan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di toko indomaret dibutuhkan system yang baik. Sistem yang dimaksud adalah sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Fuzzy Associative Memory (FAM).

References

Al-Bahra bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan desain sistem informasi (edisi pertama). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hendrayudi. 2011. Dasar-Dasar Pemrograman Visual Basic 2008. Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kusrini. 2017. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta :ANDI.

Kusumadewi, S. & Purnomo, H. 2013. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan.(Cetakan Kedua).Yogyakarta : Graha Ilmu.

Latif, F. & Pratama, A.W. 2015. Perancangan Sistm Informasi Manajemen Arsip Elektronik ( E-Arsip) Berbasis Mirosoft Acces pada PT. Hi-Test. Jurnal akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 21-31.

Pratiwi, H. 2016. Buku Ajar Pendukung Keputusan.Yogyakarta : Deepublish.

Ramenusa, O. 2013. Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT.DGS Manado. Jurnal EMBA 1(3).1193-1202.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika J. Breckling, Ed., The Analysis of Directional Time Series: Applications to Wind Speed and Direction, ser. Lecture Notes in Statistics. Berlin, Germany: Springer, 1989, vol. 61.

Published
2020-01-22