Implementasi Teknik Komunikasi Serial Half Duplex Pada Kendali Jarak Jauh Lampu Ruangan Rumah Berbasis Internet Of Things (IOT)

Authors

  • Jaka Prayudha STMIK Triguna dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Heru Prastyo STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v3i1.193

Keywords:

NodeMCU Esp8266 Devkit 3, Teknik Half Duplex, Relay Lampu

Abstract

Lampu listrik adalah suatu perangkat elektronika yang dapat menghasilkan cahaya pada saat dialiri arus listrik. Di zaman modern ini, lampu listrik sangat berguna sekali bagi kehidupan manusia. Dengan lampu listrik setiap orang dapat melihat di kegelapan pada saat malam hari atau pada saat cuaca sudah mulai gelap sekali. Internet of  Things atau disingkat juga dengan IoT adalah sebuah konsep yang bertujuan memanfaatkan dan memperluas konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus untuk bisa terhubung di semua perangkat elektronika. Dengan demikian dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengendalikan hidup matinya lampu ruangan rumah dari jarak dekat maupun jauh dengan memanfaatkan konsep Internet of Things. Sistem kendali jarak jauh lampu ruangan rumah di rancang menggunakan NodeMCU Esp8266 sebagai sistem pengontrol dan pembaca jaringan wifi, relay yang berfungsi sebagai saklar logika yang menerima perintah dari NodeMCU Esp8266 untuk mengatur kendali lampu menyala atau padam. Aplikasi Telegram berfungsi sebagai platform dalam pengiriman data atau perintah ke NodeMCU Esp8266. Sistem ini dapat mengendalikan hidup matinya lampu dari jarak dekat maupun jauh berdasarkan perintah user melalui aplikasi telegram ke NodeMCU Esp8266. Sistem kendali lampu ruangan rumah menggunakan teknik Komunikasi Serial Half Duplex sebagai mode aliran data dan teknik perhitungan untuk mengkonversi nilai apapun ke biner.

References

Cholis, N., & Noortjahja, A. (2013). Pembelajaran Rangkaian Listrik Berbasis Software Proteus Sebagai Media Pembelajaran Di Man Gresik 1. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3). Universitas Negri Surabaya

Fatoni, A., & Rendra, B. R. (2014). Perancangan Prototype Sistem Kendali Lampu Menggunakan Handphone Android Berbasis Arduino. Jurnal PROSISKO, 1, 23-29. Universitas Serang raya

Jaya, A. (2013). Rancang Bangun Sensor Nirkabel Suhu Dan Kelembaban Menggunakan Metode Half-Duplex Pada Gudang Pabrik Tapioka. Jurnal Riset Industri, 7(3). Balai Riset Dan Standarisasi Industri Bandar Lampung

Junaidi, A. (2015). Internet of Things, Sejarah, Teknologi Dan Penerapannya : Review. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3), 62-66. Universitas Widyatama

Risanty, D. R., & Sopiyan, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mangajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) Dengan Metode Polling. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2017 (h. 1-9). Jakarta: Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammdiyah

Susanti, D. (2017). Eksplorasi Aplikasi Push to Talk Pada Mobile Phone. Jurnal J-Ensitec, 3(2). Universitas Majalengka

Wahyudin., Wahyudi, S., & Robbi, A. I. M. (2015). Visualisasi Masjid Agung Rangkasbitung Berbasis 3D Dengan Menggunakan Google Sketchup & After Effect. Jurnal Prosisko, 2(2). Universitas Serang Raya

Wartono., & Sururi, N. (2018). Menentukan Titik Pemasangan Radio Wireless Untuk Link Point To Point Dengan Memanfaatkan Bot Telegram. Jurnal DISPROTEK, 9(2). Universitas Amikom Jogjakarta

Wicaksono, F. M. (2017). Impelementasi Modul WiFi NodeMCU Esp 8266 Untuk Smart Home. Jurnal Teknik Komputer Unikom , 6(1), 1-6. UNIKOM Bandung

Downloads

Published

2020-02-04