Implementasi Algoritma K-Means Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pelayanan Sekolah Studi Kasus Di Mts.S Nurul Amaliyah

Authors

  • Muhammad Gilang Suryanata STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Deski Helsa Pane STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Masyuni Hutasuhut STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jsk.v2i2.128

Keywords:

Ilmu Komputer

Abstract

Memberikan pelayanan terbaik adalah salah satu cara sekolah untuk memberikan suatu kepuasan terhadap siswa, karena akan terciptanya kesesuain antara apa yang diharapan dan dibutuhkan siswa dengan realisasi yang diberikan. Berkurangnya pendaftar siswa baru dan berpindahnya siswa lama ke sekolah lain menjadi salah satu malasah yang dihadapi oleh pihak sekolah pada 2 tahun belakangan. Untuk mengetahui dan menentukan tingkat kepuasan siswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak sekolah. Bahan (data) dan Metode: data yang diolah adalah data hasil pengisian angket yang dilakukan oleh siswa sekolah MTs.S Nurul Amaliyah tahun 2018. Selanjutnya data hasil pengisisan angket tersebut akan dilakukan proses klasterisasi berdasarkan tingkat kepuasan menggunakan teknik data mining dengan Algoritma K-Means. Hasil klasterisasi dari penilaian siswa ini dapat diketahui bahwa berapa banyak siswa yang merasa sangat puas, cukup puas dan tidak puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil klasterisasi yang dilakukan dapat dilihat jumlah siswa yang puas dan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Sehingga pihak sekolah dapat melakukan peningkatan pada bidang pelayanan untuk mendapatkan tingkat kepuasan yang lebih baik.

Downloads

Published

2019-07-18