Evaluasi Kualitas Proses Pembelajaran Di SMP HKBP Batu 4 Pematang Siantar dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Petti Indrayati Sijabat STMIK Pelita Nusantara
  • Nuraisana Nuraisana STMIK Pelita Nusantara
  • Endra A.P Marpaung STMIK Pelita Nusantara
  • Alya S Ramadhan STMIK Pelita Nusantara
  • Alpon J STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v23i2.9982

Keywords:

Evaluasi, Hasil Belajar, Kualitas, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kualitas proses pembelajaran di SMP HKBP Batu 4 Pematang Siantar serta untuk meneliti dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa SMP HKBP Batu 4 Pematang Siantar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran di sekolah tersebut dinilai baik, dengan fokus pada pengelolaan kelas, metode pengajaran, dan interaksi guru-siswa. Dampak positif dari kualitas proses pembelajaran ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dalam hal pemahaman materi, kemampuan menerapkan pengetahuan, dan prestasi akademis secara keseluruhan. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya menjaga dan terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran sebagai faktor kunci dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa di SMP HKBP Batu 4 Pematang Siantar. Dalam penelitian ini, tingkat Evaluasi Kualitas Proses Pembelajaran Di SMP HKBP Batu 4 Pematang Siantar dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa dikelompokkan dalam lima kategori yaitu sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik dan tidak baik sehingga dari ke lima kategori tersebut dapat diperoleh hasil pengelompokkan tingkat Evaluasi Kualitas siswa berupa baik, cukup baik dan kurang baik.Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai persamaan dan langkah-langkah mengenai jarak algoritma, yaitu dengan euclidean distance. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database management system.

References

D. H. Ramadan, M. R. Siregar, and S. R. Siregar, “Penerapan Metode MAUT Dalam Penentuan Kelayakan TKI dengan Pembobotan ROC,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1789, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4441.

Dewi, A. O. P. (2020). Big Data di Perpustakaan dengan Memanfaatkan Data Mining. ANUVA, 4(2), 8.

Handayani, M. T. (2021, Oktober 15). Data mining: Pengertian, proses, manfaat, dan 3 contoh penerapannya. Data mining: Pengertian, proses, manfaat, dan 3 contoh penerapannya. https://www.ekrut.com/media/data-mining- adalah

Helma, S. S., Mustakim, Rustiyan R, R., & Normala, E. (2019). Clustering pada Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Means. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), 11, 7.

Hussein, S. (2021, Oktober 12). K-means Clustering: Pengertian, Metode Algoritma, Beserta Contoh. GEOSPASIALIS. https://geospasialis.com/k- means-clustering/

Indarti, I., Wahyuningsih, U., Yulistiana, Y., Suhartini, R., & Prihatina, Y. I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Vokasi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2), 226. https://doi.org/10.23887/jptk- undiksha.v18i2.31147

Indriyani, F., Yunita, Y., & Muthia, D. A. (2019). Analisa Perancangan Sistem Informasi. Graha Ilmu.

N. Handayani, H. Wahyono, J. Trianto, and D. S. Permana, “Prediksi Tingkat Risiko Kredit dengan Data Mining Menggunakan Algoritma Decision Tree C.45,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, p. 198, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3643.

Marzuki, K., & Amir, R. (2019). Kepuasan Belajar Warga Belajar Pada Program Kesetaraan Paket C. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LP2M UNM, 6.

Nawawi, M. S., & Gustian, D. (2020). Algoritma K-Means Dalam Penentuan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid 19. SEMNASIF, 11.

N. Tulus Ujianto and N. A. Ramdhan, “Implementasi Data Mining C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 4, no. 01, pp. 105–111, 2022.

Pawening, R. E., Fatmawati, & Aisyah, S. (2021). Algoritma K-Means untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan E-Learning. JoTI, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.37802/joti.v3i1.201

Populix. (2021, Juni 22). Apa itu Data Mining? Pengertian, Metode, Tahapan, dan Contoh Terbaru. Populix. https://www.info.populix.co/post/data- mining-adalah

Putra, I. D. G. R. D. (2019). Peran Kepuasan Belajar Dalam Mengukur Mutu Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.756

S. F. Damanik, A. Wanto, and I. Gunawan, “Penerapan Algoritma Decision Tree C4.5 untuk Klasifikasi Tingkat Kesejahteraan Keluarga pada Desa Tiga Dolok,” J. Krisnadana, vol. 1, no. 2, pp. 21–32, 2022, doi: 10.58982/krisnadana.v1i2.108.

Y. P. Sari Hutagaol, F. Helmiah, and S. Sumantri, “Penerapan Metode Algoritma C4.5 untuk Menentukan Kualitas Telur Ayam Australia Terbaik,” J-Com (Journal Comput., vol. 1, no. 3, pp. 159–166, 2021, doi: 10.33330/j-com.v1i3.1348.

K. F. Irnanda, D. Hartama, and A. P. Windarto, “Analisa Klasifikasi C4.5 Terhadap Faktor Penyebab Menurunnya Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 327, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2763.

K. Ferdinan Leo Simanjuntak, A. Carolina Br Barus, and F. Teknologi dan Ilmu Komputer, “Implementasi Metode Decision Tree Dan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepribadian Masyarakat,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 5, no. 1, pp. 51–59, 2021.

Downloads

Published

2024-08-13