Aplikasi Formulir KTP Di Kantor Camat Rantau Utara Berbasis Android

  • Selvi Silestian Universitas Labuhan Batu
  • Sumitro Sarkum Universitas Labuhan Batu
  • Iwan Purnawa Universitas Labuhan Batu
Keywords: Aplikasi KTP, Android, Formulir

Abstract

Pembuatan aplikasi KTP berbasis android ini bertujuan untuk: 1) Memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengisi formulir KTP tanpa harus datang ke formulir permintaan kantor karena dapat diisi di mana pun mereka menggunakan smartphone; 2) Mempercepat proses layanan dan membuat kartu ID. Metode yang digunakan waterfall dan pemrograman yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini didasarkan pada pemrograman android menggunakan database mysql untuk pembuatan skrip php. Dalam aplikasi ini diperlukan fasilitas internet atau wifi dari sebuah ponsel, yang mana aplikasi tersebut dapat berjalan jika aplikasi tersebut sudah terpasang terkoneksi di ponsel dalam suatu jaringan. Dari pembahasan mengenai bentuk ID berbasis android dapat disimpulkan bahwa: 1) Dengan aplikasi formulir berbasis ID Android ini, proses memasukkan data populasi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien tanpa harus pergi ke kantor untuk mengisi Identitas; 2) Dengan aplikasi formulir berbasis ID Android ini, layanan dan pembuatan kartu ID (kartu identitas) dapat lebih mudah dan lebih cepat; 3) Pemrosesan data populasi pada aplikasi ID berbasis Android ini akan memudahkan proses kerja sehingga dapat meningkatkan kinerja lembaga nanti; 4) Telah membangun formulir aplikasi ID berbasis Android yang dirancang menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan diimplementasikan menggunakan Aplikasi Eclipse untuk Android menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL dan untuk basis datanya daring dalam satu jaringan.

References

M. D. Zericka, “Pengembangan Informasi Di Kabupaten Kutai Kartanegara,” eJournal Ilmu Komun., vol. 1, no. 1, pp. 345–361, 2013.

R. Habibie, R. R. Isnanto, and R. Kridalukmana, “Aplikasi Data Pelanggan Berbasis Java Dan Mobile Pada PT.PLN(PERSERO) Area Semarang,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 50–59, 2016.

W. P. Rahayu and K. K. Saptorini, “Pengetahuan Dan Sikap Perawat Rawat Inap Terhadap Pengisian Formulir Resume Asuhan Keperawatan (RM 13) Di RS. Permata Medika Semarang Tahun 2015,” no. Rm 13, 2015.

D. Prihastini, “Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan,” 2014.

Salbino, Sherief. S.Kom.(2014) 'Buku Pintar Gadget Android', 1, Jakarta, Kunci Komunikasi.

A. Juansyah, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System(A-GPS) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, 2015.

H. Kusniyati and N. S. P. Sitanggang, “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2016.

Sulihati and Andriyani, “Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universita Tama Jagakarsa,” J. SAINS DAN Teknol., vol. XI, no. 152, 2016.

D. M. I. Armida, P. Aji, and S. D. Budiwati, “Aplikasi Panduan Pembayaran Pajak Kendaraan Berbasis Android,” vol. 2, no. 1, pp. 122–131, 2016.

A. Hendini, “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang,” J. KHATULISTIWA Inform., vol. IV, no. 2, pp. 107–116, 2016.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

Published
2019-02-20