Implementasi E-Marketing Berbasis Web Pada UD Semeru Jati

Implementasi E-Marketing Berbasis Web Pada UD Semeru Jati

Authors

  • Tirta Yurista Kumkamdhani Universitas Semarang
  • Yudi Cahyono Universitas Semarang
  • Ilham Ardiyanto Universitas Semarang
  • Susanto Susanto Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v23i2.9610

Keywords:

E-Marketing, Furniture, UD Semeru Jati

Abstract

Sebuah perusahaan dagang bernama UD Semeru Jati memproduksi dan menjual kerajinan kayu dan mebel. dimana kayu jati asli Blora adalah jenis kayu yang digunakan. UD Semeru Jati pada awalnya mengandalkan pemasaran manual untuk model penjualan produknya atau melakukan penjualan langsung antara penjual dan pembeli. Sistem jual beli dioperasikan dengan cara yang lebih realistis saat ini. Penjual dan pembeli tidak perlu berinteraksi secara langsung, melainkan dengan sistem pemasaran ini, pembelian dan penjualan produk dapat dilakukan secara online dan pelanggan dapat menerima informasi dari sumber yang lebih luas, yang diantisipasi untuk meningkatkan penjualan barang-barang terkait furnitur. Sistem e-marketing berbasis web ini dikembangkan dengan memanfaatkan metode prototype, bahasa pemrograman PHP, database MySQL, CMS dan Visual Code sebagai text editor. User (pelanggan) merupakan fungsi prioritas utama dari sistem e-marketing ini. Setiap pengguna dapat melihat berbagai jenis produk yang ada di website dan juga dapat memesan dan melakukan pembayaran melalui transfer bank atau payment gateway. Seorang administrator yang dapat menangani data, mengawasi pesanan produk, mencetak laporan, dan mengawasi pembayaran adalah pilihan sekunder.

Author Biography

Susanto Susanto, Universitas Semarang

Teknik InformatikaFTIK USM

References

C. D. Maulida Sari and R. Setiyana, “Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),†J. Pengabdi. Masy. Darma Bakti Teuku Umar, vol. 2, no. 1, p. 63, 2020, doi: 10.35308/baktiku.v2i1.2050.

N. Edwin Kiky Aprianto, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis,†Int. J. Adm. Bus. Organ. |, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://ijabo.a3i.or.id

W. Apriyanti et al., “Sosialisasi Penggunaan Internet yang Sehat bagi Anak-anak di Yayasan Domyadhu,†Abdi J. Publ., vol. 1, no. 1, p. 14, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index

W. Series, “Digital Repository Universitas Jember HIPOSPADIA Digital Repository Universitas Jember.,†pp. 112–129, 2020.

A. K. Syah, Y. Yuniarthe, and B. Hartanto, “Implementasi Metode Prototyping Dalam Membangun Sistem Kepegawaian Umitra Indonesia Berbasis Web,†vol. 1, no. 2, pp. 14–21, 2020.

E. Suwarni, M. Astuti Handayani, Y. Fernando, F. Eko Saputra, F. Fitri, and A. Candra, “Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo,†J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 187–192, 2022, doi: 10.52436/1.jpmi.570.

I. Candra Irawan, “Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online,†J. Bus. Bank., vol. 9, no. 2, p. 247, 2020, doi: 10.14414/jbb.v9i2.1907.

A. Prawira, IWKY, Sukarsa, IM, Susila, “Analisis Dan Implementasi Strategi E-Marketing Berbasis Metode Sostac Pada Perusahaan Xyz,†JITTER J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 3, pp. 1–12, 2021.

S. F. Arief and Y. Sugiarti, “Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, pp. 87–93, 2022, doi: 10.35329/jiik.v8i2.229.

H. I. T. Simamora, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Cv Mitra Tani Menggunakan Metode Prototype,†JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 173–178, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.552.

F. Fenando, “Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype,†JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 66–77, 2020, doi: 10.19109/jusifo.v6i2.6532.

S. Masripah and L. Ramayanti, “Penerapan Pengujian Alpha Dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru,†Swabumi, vol. 8, no. 1, pp. 100–105, 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i1.7448.

M. Himyar, M. F. Mulya, and J. H. Siringo Ringo, “Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Android Dengan Penerapan QR Code Disertai Foto Diri Dan Lokasi Sebagai Validasi Studi Kasus: PT.Selindo Alpha,†J. SISKOM-KB (Sistem Komput. dan Kecerdasan Buatan), vol. 4, no. 2, pp. 64–74, 2021, doi: 10.47970/siskom-kb.v4i2.186.

R. Rohmanto and T. Setiawan, “Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram,†Intern. (Information Syst. Journal), vol. 5, no. 1, pp. 53–62, 2022, doi: 10.32627/internal.v5i1.506.

A. Rahman, “Rapid Application Development Sistem Pembelajaran Daring Berbasis Android,†Intech, vol. 1, no. 2, pp. 20–25, 2020, doi: 10.54895/intech.v1i2.639.

A. F. Prasetya, Sintia, and U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),†J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2022.

T. D. Rosmalasari, M. A. Lestari, F. Dewantoro, and E. Russel, “Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung,†J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 1, no. 1, p. 27, 2020, doi: 10.33365/jta.v1i1.671.

Y. F. Achmad and A. Yulfitri, “Pengujian Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Black Box Testing Studi Kasus E-Wisudawan Di Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal,†J. Ilmu Komput., vol. 5, p. 42, 2020.

Downloads

Published

2024-08-09