Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Campak pada Balita

  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Siti Andeana STMIK Triguna Dharma
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Unung Verawardina Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Abstract

Campak merupakan penyakit infeksi menular (infeksius) pada balita yang disebabkan oleh virus golongan paramyxovirus. Di Indonesia, campak menempati peringkat keempat sebagai penyebab Kejadian Luar Biasa (KLB), setelah Demam Berdarah Dengue (DBD), diare, dan chikungunya. Meski demikian, pengetahuan masyarakat Indonesia terkait bahaya penyakit campak masih terbatas. Beberapa wilayah di Indonesia menghadapi tantangan di bidang medis, seperti kesulitan akses terhadap pelayanan kesehatan karena fasilitas kesehatan yang terbatas dan kekurangan tenaga medis, terutama dokter spesialis yang mengkhususkan diri dalam menangani penyakit campak. Tingginya biaya konsultasi di rumah sakit atau oleh dokter spesialis juga menjadi kendala bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut. Selain itu, sejak munculnya penyakit Covid-19 di Indonesia, masyarakat menjadi enggan untuk mengunjungi rumah sakit karena memandang rumah sakit sebagai tempat dengan risiko penularan virus yang tinggi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan penerapan teknologi informasi yang dapat melakukan diagnosis penyakit campak pada balita melalui sistem pakar dengan menggunakan metode certainty factor. Metode ini memungkinkan penentuan tingkat keyakinan pakar terhadap fakta atau aturan tertentu, menggambarkan kepastian terhadap masalah yang dihadapi. Dengan mencapai nilai akhir sebesar 94.18%, hasil diagnosa ini mendekati hasil diagnosa yang dilakukan oleh seorang pakar, khususnya dokter anak. Hasil penelitian sesuai dengan tujuannya untuk mendiagnosis penyakit campak  pada balita agar mendapatkan penanganan secara cepat dan juga membantu masyarakat memahami tingkat bahaya penyakit campak dan merespon dengan tindakan lebih cepat.

Author Biographies

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma
Sistem Komputer
Siti Andeana, STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi
Ambiyar Ambiyar, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,
Unung Verawardina, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,

References

A. Meronica et al., “Pengetahuan Ibu Terhadap Kasus Campak Akibat Imunisasi Lanjutan Campak Mother’s Knowledge About Measles Cases Due to Advanced Measles Immunization,” Majority, vol. 7, no. 3, pp. 245–248, 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Profil Kesehatan Indonesia 2021. KEMENKES RI, 2022.

Maryati Sutarno and Noka Ayu Putri Liana, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Ispa,” J. Antara Keperawatan, vol. 2, no. 2, pp. 44–50, 2019, doi: 10.37063/antaraperawat.v2i2.76.

N. Y. L. Gaol, L. Lusiyanti, and A. H. Nasyuha, “Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Diagnosa Hermatologi-Onkologi,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1435, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4190.

G. V. G. Putri, “Sistem pakar diagnosa mental ilness sikosis dengan menggunakan metode certainty factor,” J. Inovtek Polbeng - Seri Inform., vol. 3, no. 2, 2018.

S. Amri, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Campak Pada Balita Di Puskesmas Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat,” J. Matern. Kebidanan, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2018.

L. F. Putri, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Roseola Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 2, p. 107, 2020, doi: 10.30865/json.v1i2.1956.

A. R. Handoko, “Perancangan sistem pakar analisa transaksi keuangan mencurigakan menggunakan metode forward chaining,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, 2019.

A. Zaki, “Penerapan Metode Bayes Dalam Prediksi Segementasi Pasar Penjualan Smartphone,” J. Comput. Sci. Inform. Syst. J-Cosys, vol. 1, no. 1, 2021, doi: 10.53514/jc.v1i1.15.

M. R. Ritonga, S. Solikhun, M. R. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pakar Diagnosa Gejala Awal Penyakit Akibat Virus Pada Anak Berbasis Mobile Dengan Forward Chaining,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 140–145, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.298.

P. Wahyuningsih and S. Zuhriyah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Campak Rubella pada Anak Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, p. 85, Feb. 2021, doi: 10.25126/jtiik.0812710.

A. H. Aji, M. T. Furqon, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, 2018.

Published
2024-02-16