Model Regresi Linier Berganda dalam Hubungan Mata Kuliah Matematika dengan Kecerdasan Buatan

Authors

  • yulia utami STMIK Pelita Nusantara Medan
  • desi vinsensia STMIK Pelita Nusantara Medan
  • pria muslim harahap STMIK Pelita Nusantara Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.8729

Keywords:

Regresi linier berganda, Mata Kuliah Matematika, Kecerdasan Buatan

Abstract

Matematika merupakan induk dari cabang ilmu teknik informatika. Maka dari itu banyak mata kuliah matematika yang diajarkan pada jurusan teknik informatika, serta kaitan mata kuliah matematika terhadap kecerdasan buatan dalam bidang studi teknik informatika. Maka peneliti membuat sebuah model regresi linier mengenai mata kuliah matematika dalam penelitian ini diambil nmata kuliah aljabar linier dan matematika diskrit dengan mata kuliah kecerdasan buatan.  Dengan tujuan agar mahasiswa memahami dan mengetahui hubungan mata kuliah tersebut. Dalam menganalisis peneliti menggunakan metode determinan dengan aturan cramer sehingga hasil persamaan regresi linier yang dihasilkan ialah . Berdasarkan model regresi tesebut disimpulkan adanya pengaruh yang positif antara mata kuliah aljabar linier, matematika diskrit terhadap mata kuliah kecerdasan buatan. Dalam memudahkan menganalisis data, peneliti menggunakan aplikasi matlab. 

References

N. Puspitasari, “Kontribusi Matematika Terhadap Ilmu Komputer Di D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta,†J. Inf. Politek. Indones. Surakarta, vol. 3, no. 2, pp. 18–25, 2016.

R. H. Saputra, J. A. Baba, and G. Y. K. S. Siregar, “Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Modifikasi Skala Likert Dengan Metode Simple Additive Weighting,†Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 9, no. 1, 2018, doi: 10.36448/jsit.v9i1.1029.

H. BASRI, “Pemodelan Regresi Berganda Untuk Data Dalam Studi Kecerdasan Emosional,†Didakt. J. Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 103–116, 2019, doi: 10.30863/didaktika.v12i2.179.

C. Wallisch et al., “Review of guidance papers on regression modeling in statistical series of medical journals,†PLoS One, vol. 17, no. 1 January, pp. 1–20, 2022, doi: 10.1371/journal.pone.0262918.

E. S. Tataming, T. K. Sendow, O. H. Kaseke, and S. Diantje, “Analisis Besar Kontribusi Hambatan Samping Terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan Model Regresi Linier Berganda (Studi Kasus: Ruas Jalan dalam Kota Segmen Ruas Jalan Sarapung),†J. Sipil Statik, vol. 2, no. 1, pp. 29–36, 2014.

K. D. Ariani, “Penerapan Algoritma Regresi Linier Berganda pada Data Pabrik Gula Rendeng Kudus,†Fak. Ilmu Komput. UDINUS, no. 5, 2015.

I. Ramli, H. Basri, A. Achmad, R. G. A. P. Basuki, and M. A. Nafis, “Linear Regression Analysis Using Log Transformation Model for Rainfall Data in Water Resources Management Krueng Pase, Aceh, Indonesia,†Int. J. Des. Nat. Ecodynamics, vol. 17, no. 1, pp. 79–86, 2022, doi: 10.18280/ijdne.170110.

Y. H. Ngumar, “Aplikasi Metode Numerik Dan Matrik Dalam Perhitungan Koefisien-Koefisien Regresi Linier Multiple Untuk Peramalan,†Konf. Nas. Sist. dan Inform., pp. 157–168, 2008.

Dedi Nugraha and Sri Winiarti, “Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia,†J. Sarj. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 67–77, 2014.

R. Wajhillah and S. Bahri, “Penggunaan Kecerdasan Buatan untuk Penyelesaian Teka-Teki Kubus Menggunakan Open Source Computer Vision,†J. Swabumi, vol. 8, no. 2, pp. 177–181, 2020.

Downloads

Published

2023-08-15