Rekomendasi Pemilihan Handphone Android Terbaik Berdasarkan Daya Beli Konsumen Menggunakan Metode Profile Matching

Authors

  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • sri murnianti STMIK Triguna Dharma
  • dicky nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • kamil erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • nurmala sari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.7982

Keywords:

Handphone, Metode Profile Matching, Rekomendasi Daya Beli, Sistem Pendukung Keputusan,

Abstract

Handphone adalah produk teknologi kekinian yang terus mengalami inovasi atau perubahan dari waktu ke waktu. Dalam kehidupan sehari-hari, kini manusia hampir tidak dapat lepas dari handphone.Terlepas dari perkembangan teknologi yang begitu pesat, dalam menentukan handphone android semakin mengalami kesulitan mengingat banyaknya merk yang muncul sehingga terkadang konsumen salah dalam hal memilih. Masing-masing merk tersebut menghadirkan fitur yang cukup canggih yang mampu bersaing dengan merk lain dan pastinya memberikan harga bervariasi sesuai dengan kualitas yang dihadirkan. Profile Matching merupakan salah satu metode yang terdapat dalam Sistem Pendukung Keputusan yang dapat digunakan sebagai proses pengambilan keputusan. Proses pemilihan handphone terbaik diawali dengan menentukan beberapa kriteria. Adapun kriterianya adalah prosesor, RAM, memori internal, kamera depan, kamera belakang, baterai, harga, dan daya beli. Metode Profile Matching ini akan dijadikan acuan dalam merancang, membangun sistem informasi, yang diiawali dengan perancangan Unified Modelling Language (UML). Dan pada akhirnya dapat diuji/diimplementasikan pada toko Trans Cell.  Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Profile Matching ini telah dapat diemplementasikan dalam operasional penjualan handphone pada toko Trans Cell. Sehingga tujuan akhir yang didapat adalah kemudahan konsumen dalam mengambil keputusan untuk memilih jenis handphone terbaik berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Author Biographies

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

sri murnianti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

dicky nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

kamil erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

nurmala sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. N. Annafi, D. H. Nikmatullah, and H. Hidayatulloh, “Pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi mahasiswa,†J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 12, no. 1, p. 15, 2018, doi: 10.32832/jpls.v12i1.2880.

A. Yulia, M. Syahril, G. Iskandar, M. Dokter, and G. Ortodontist, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemasangan Behel Pada Remaja Menggunakan Metode Moora ( Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ),†no. x, 2020.

J. T. Informatika, S. Informasi, I. Komputer, and B. Web, “CAHAYA téch,†vol. 8, no. 2, 2019.

G. M. Putra, N. Irawati, S. Informasi, and S. Royal, “Analisis Pemilihan Handphone Rekomendasi Dengan Metode Weighted Product,†Semin. Nas. R. 2018, vol. 9986, no. September, pp. 199–204, 2018.

F. Indriyani, “Penerapan Metode Profile Matching Sebagai Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Smk Al Hidayah,†J. Ris. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 35–40, 2019, doi: 10.34288/jri.v1i2.31.

A. M. Nadila, Y. Syahra, and S. Murniyanti., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN SISWA SEKOLAH DASAR YANG LAYAK DINYATAKAN LULUS PADA PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT LUQMANUL HAKIM MENGGUNAKAN METODE MOORA,†2020.

H. U. Sari, A. P. Windarto, R. Winanjaya, D. Hartama, and I. S. Damanik, “Analisa Metode Profile Matching Pada Pemilihan Susu Rendah Lemak Berdasarkan Konsumen,†Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 73–77, 2020, doi: 10.30865/komik.v4i1.2590.

E. Suhartono and M. Badrul, “Penerapan Metode Profile Matching Untuk Menunjang Keputusan Seleksi Pegawai Baru,†J. PROSISKO, vol. 8, no. 2, pp. 75–82, 2021, [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/2815

R. D. Kurniawati and I. Ahmad, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Usaha Mikro Kecil Menengah Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Pada Uptd Plut Kumkm Provinsi Lampung,†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 74–79, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

W. Katrina, H. J. Damanik, F. Parhusip, D. Hartama, A. P. Windarto, and A. Wanto, “C.45 Classification Rules Model for Determining Students Level of Understanding of the Subject,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1255, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1255/1/012005.

Downloads

Published

2023-08-09