Menentukan Pola Pembelian Konsumen Pada Toko Grosiran El-Shop Menggunakan Algoritma FP-Growth

Authors

  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma
  • Abdullah Muhazir STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i1.7517

Abstract

Melihat perkembangan fashion yang terus berkembang pesat maka tidak menutup kemungkinan untuk membuka bisnis fashion. Karena sejatinya bisnis fashion merupakan suatu usaha yang cukup menjanjikan karena perkembangannya yang cepat sekali. Toko Grosiran El-Shop merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang fasion. Toko ini merupakan salah satu toko yang cukup banyak diminati oleh masyarakat setempat. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya penjualan dari Toko Grosiran El-Shop. Akibat dari banyaknya penjualan dari toko tersebut, pihak toko sering mengalami kehabisan stok barang, tentunya hal tersebut akan membuat pelanggan berpindah ketoko lain dikarenakan stok barang yang yang dicari tidak ada. Untuk itu pihak toko perlu mengenali pola pembelian konsumen agar dapat meminimalisir terjadinya kebahabisan stok barang.Dalam membantu pemilik Toko Grosiran El-Shop untuk mengenali pola pembelian konsumen agar dapat meminimalisir terjadinya kehabisan stok barang yang tersedia ditoko maka dibutuhkan sebuah data mining dengan menggunakan metode frequent pattern growth (FP-Growth). Sehingga pihak toko dapat mengenali atau mengetahui pola pembelian konsumen dan pihak toko dapat menyediakan stok lebih banyak untuk jenis barang yang paling banyak diminati oleh konsumenBerdasarkan hasil penelitian ini, sistem data mining yang dibangun berhasil mengenali pola pembelian konsumen pada Toko Grosiran El-Shop, dan juga dapat melihat jenis barang yang paling banyak diminati oleh konsumen. Oleh sebab itu pihak toko dapat menyediakan stok lebih banyak untuk jenis barang yang paling banyak diminati oleh konsumen. Kata Kunci : Fashion, Stok Barang, Penjualan, Data Mining, Fp-Growth 

Author Biography

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

P. Purwadi, P. S. Ramadhan, dan N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, hal. 55, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i1.104.

J. Hutagalung dan F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah Asuransi.†hal. 1187–1194, 2021, doi: DOI 10.30865/mib.v5i3.3113.

M. Hutasuhut, M. G. Suryanata, S. Kusnasari, dan M. A. Lesmana, “Data Mining Untuk Menganalisa Pola Penjualan Pestisida dengan Mengunakan Algoritma FP-Growth,†vol. 9, no. 6, hal. 1963–1973, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i6.5200.

L. S. R. Situmorang, M. S. Wahyuni, dan M. Syaifuddin, “Implementasi Metode Fp-Growth Dalam Menganalisa Pola Penjualan Obat Pada Apotek,†vol. 1, hal. 362–373, 2022.

S. G. Setyorini, Mustakim, J. Adhiva, dan S. A. Putri, “Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen,†2020.

A. Darmawan, N. Kustian, dan W. Rahayu, “IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN MODEL SVM UNTUK PREDIKSI KEPUASAN PENGUNJUNG TAMAN TABEBUYA,†vol. 2, 2018.

A. Maulana dan A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,†Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1. hal. 27, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.

S. Takalapeta, “Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Algoritma C4.5,†vol. 3, 2018.

M. Hutasuhut, D. Octaviana, dan J. Halim, “Penerapan Data Mining dalam Menganalisa Pola Kelayakan Siswa Pada Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 ( ID3 ) pada,†vol. 18, no. 2, hal. 154–160, 2019.

F. Rizky, Y. Syahra, I. Mariami, dan _ Y., “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Target Pemakaian Stok Barang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 2, hal. 167, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i2.156.

D. Nofriansyah, K. Erwansyah, dan M. Ramadhan, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL ( Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi),†J. Saintikom, vol. 15, no. 2, hal. 81–92, 2016.

R. Girsang, E. F. Ginting, dan M. Hutasuhut, “Penerapan Algoritma C4 . 5 Pada Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah Daerah,†J. Sist. Inf. TGD, vol. 1, hal. 449–459, 2022.

M. Syahril, K. Erwansyah, dan M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, hal. 118, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.202.

J. Hutagalung, “Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 1, hal. 606–620, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i1.1516.

A. Almira, Suendri, dan A. Ikhwan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Growth pada Analisis Pola Pencurian Daya Listrik,†Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 6, no. 2. hal. 442–448, 2021.

N. Ndruru, Y. Syahra, dan E. Elfitriani, “Penerapan Metode Fp-Growth Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Pada Buulolo Galery,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, hal. 45, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4770.

M. Yetri dan G. W. Devit, SarjonNurcahyo, “Penerapan Data Mining Dalam Penentuan Pengambilan Semester Pendek Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus Di Stmik Triguna Dharma Medan),†Sains dan Komput., vol. 17, no. 1, hal. 39–53, 2018.

Downloads

Published

2023-02-06