Jaringan Syaraf Tiruan Dalam Meramalkan Jumlah Barang Ekspedisi Dengan Metode Perceptron

Mukhlis Ramadhan, Zulkifli Lubis, Rini Kustini, Ardianto Pranata, Nurcahyo Budi Nugroho

Abstract


PT.Eka Satya Puspita adalah Salah satu perusahaan ekspedisi yang sedang berkembang kota Medan. Kendala yang terjadi pada perusahaan tersebut yaitu pembagian kerja masing-masing kurir, masalah tersebut merupakan hal rumit sebab terkadang barang yang dikirim mengalami overload. Pengiriman barang bisa terjadi tepat waktu atau jika terjadi kendala maka bisa menyebabkan lama dalam pengiriman. Hal inilah yang menyebabkan seringnya terjadi kesalahpahaman antara perusahaan dan kurir ataupun dengan operator yang dapat mengakibatkan kerugian waktu dan biaya. Dalam Ilmu Komputer atau Ilmu Statistika, dikenal sebuah cara untuk melakukan peramalan untuk jumlah barang ekspedisi di PT.Eka Satya Puspita yang selama ini menjadi permasalahan dalam mendukung strategi manajemen pengelolaan barang ekspedisi. Ilmu tersebut adalah penerapan Jaringan Syaraf Tiruan, dimana Jaringan Syaraf Tiruan merupakan sebuah sistem yang cara kerjanya seperti jaringan syaraf yang ada pada manusia, dan bekerja sebagai mana otak manusia mengolah sebuah informasi. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan dengan Metode Perceptron yang dapat membantu dalam menyelesaikan meramalkan jumlah barang ekspedisi sehingga manajemen pengelolaan barang dapat dilakukan dengan mudah pada PT.Eka Satya Puspita.


Keywords


Peramalan, Jaringan Syaraf Tiruan, Perceptron

Full Text:

PDF

References


A. D. Putri, “RENCANA PENGEMBANGAN BISNIS EKSPEDISI,” Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), vol. 2, no. 1, pp. 69-76, 2019.

A. Subarka, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI J&T,” Jurnal Bisnis Indonesia, vol. 10, no. 1, pp. 92-104 , 2019.

C. Vikasari, “Web, Sistem Informasi Manajemen Pada Jasa Expedisi Pengiriman Barang Berbasis,” Jatisi, vol. 4, no. 2, pp. 123-132, 2018.

Y. A. Lesnussa, S. Latuconsina dan E. R. Persulessy, “Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation untuk Memprediksi Prestasi Siswa SMA (Studi kasus: Prediksi Prestasi Siswa SMAN 4 Ambon),” Jurnal Matematika Integratif , vol. 11, no. 2, pp. 149-160, 2015.

R. C. Wihandika dan R. Setya Perdana, “Implementasi Metode Backpropagation Untuk Klasifikasi Kenaikan Harga Minyak Kelapa Sawit Human Detection and Tracking View project Image Processing and Computer Vision View project,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 4, pp. 1547-1552, 2018.

Eka Pandu Cynthia dan Edi Ismanto, “Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Backpropagation Dalam Memprediksi Ketersediaan Komoditi Pangan Provinsi Riau,” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), vol. 9, no. 1, pp. 271-282, 2017.

B. Badieah, R. Gernowo dan B. Surarso, “Metode Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Prediksi Performa Mahasiswa Pada Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL),” JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, vol. 6, no. 1, p. 46, 30 11 2016.

E. P. Cynthia, E. Ismanto, U. Sultan, S. K. Riau, U. M. Riau, J. H. Soebrantas, K. M. 15 Pekanbaru, J. K. Ahmad dan D. Pekanbaru, “JARINGAN SYARAF TIRUAN ALGORITMA BACKPROPAGATION DALAM MEMPREDIKSI KETERSEDIAAN KOMODITI PANGAN PROVINSI RIAU,” RABIT (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab), vol. 2, no. 2, pp. 196-209, 2017.

A. S. Ritonga dan S. Atmojo, “Pengembangan Model Jaringan Syaraf Tiruan untuk Memprediksi Jumlah Mahasiswa Baru di PTS Surabaya (Studi Kasus Universitas Wijaya Putra),” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 12, no. 1, 2018.

M. Fachrie dan A. P. Wibowo, “JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MEMPREDIKSI KINERJA SATPAM,” 2018.




DOI: https://doi.org/10.53513/jis.v22i1.7475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal SAINTIKOM

 Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer (STMIK) Triguna Dharma

Website : https://www.trigunadharma.ac.id/
Email : [email protected]