Implementasi Algoritma S-ord Dalam Pencarian Jalur Evakuasi Terpendek Bencana Erupsi Gunung Sinabung

Asrun Dabutar, Fibri Rakhmawati

Abstract


Gunung Sinabung adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara . Hingga saat ini Gunung Sinabung masih meletus dan semburan abu vulkaniknya sudah sampai ke wilayah lain, oleh karena itu masyarakat di sekitar Gunung Sinabung diminta waspada dan waspada. Salah satu yang harus disiapkan adalah adanya jalur evakuasi dari titik berbahaya ke titik aman. Pada penelitian ini penulis menggunakan Algoritma S Ord yang direpresentasikan dalam bentuk graf untuk mencari rute terpendek jalur evakuasi gunung Sinabung dari 15 desa (node) dan sistem pada penelitian ini dibangun dengan bahasa pemrograman Java dan Fire Base sebagai DBMS. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan algoritma s- ord untuk mencari jalur terpendek jalur evakuasi gunung sinabung , sistem berjalan dengan baik dan Dari 14 pengujian sistem didapatkan  6 rute yang sesuai dan 8 rute  yang tidak sesuai pada google maps. Dan pada rute yang tidak sesuai menghasil jarak yang terpendek dibandingkan pencarian menggunakan Google Maps  dengan perbedaan jarak yang sedikit yaitu 200 meter

Keywords


Graph; shortest path;Implementation; S-ord algorithm; Distance

Full Text:

PDF

References


MQS Azmi dan S. Sunarno, “Fungsi 'Land Use Planning' dalam penanggulangan Resiko bencana Erupsi Gunung Sinabung,” Hukum Media Syariah , vol. 2, tidak. 3, hlm. 288–304, Juni 2021, doi: 10.18196/mls.v2i3.12077.

RB Johan, “Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) untuk Pemilihan Jalur Tercepat Evakuasi Bencana Gunung Lokon Sulawesi Utara,” 2016.

NK Suri, “Analisis Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo Dalam Upaya Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo,” 2015.

AG Rumondor, SR Sentinuwo, and Sambul, “Perancangan Jalur Terpendek Evakuasi Bencana di Kawasan Boulevard Manado Menggunakan Algoritma Dijkstra,” J. Tek. Memberitahukan. , vol. 14, tidak. 2, hlm. 261–268, 2019.

FD Putra, “Implementasi Teori Graf Terhadap Sistem Transportasi Kendaraan Umum di Kota Medan,” 2021.

FH Hidayat, “Sistem Pencarian Rute Terpendek Menuju Kampus Universitas Ibnu Sina Dengan Algoritma Dijkstra,” Juni , vol. 4, hlm. 2614–7602, 2020, doi: 10.36352/jr.v4i1.176.

R. Paryanti dan A. Thobirin, “Penerapan Teori Graf untuk Mencari Lintasan Tercepat Bus Trans-Jogja,” hlm. 1–9, 2011.

MK Harahap dan N. Khairina, “Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Dijkstra,” J. Penelit. Tek. Memberitahukan. , vol. 2, tidak. 2, 2017, [Online]. Tersedia: https://rahadikusuma.blogspot.co.id

JO dkk. Agung, “Analisis perbandingan algoritma floyd-warshal dengan algoritma bellman-ford dalam pencarian rute terpendek menuju museum,” kalbiss Sci. J.sains dan Teknol. , 1-2 , 2018.

ASB Sembiring, “Analisis Pencarian Jalur Evakuasi Gunung Sinabung dengan Menggunakan Algoritma Bellman Ford dan Algoritma Floyd Warshall,” 2021.

AR. KT & A. Barakbah, Logika dan Algoritma . 2013.

RF Siagian, “Penentuan Lokasi Doorsmer Terdekat di Kota Medan Dengan Algoritma S-Ord,” 2017.

SS Manggala, “Implementasi Algoritma S-ORD untuk Pencariann Rute Terpendek Menuju Toko Buku di Kota Medan.,” 2017.

D. Wirdasari, “Teori graph dan implementasinya dalam ilmu komputer,” Teor. graph dan implementasinya dalam ilmu Komputer. , vol. 10, tidak. 1, hlm. 23–34, 2011.




DOI: https://doi.org/10.53513/jis.v22i1.7457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal SAINTIKOM

 Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer (STMIK) Triguna Dharma

Website : https://www.trigunadharma.ac.id/
Email : [email protected]