Enterpreneur Milenial, Media Sosial Dan Digital Marketing Dalam Perspektif Peserta Didik SMK

Authors

  • Junaidah Junaidah Universitas Negeri Padang
  • Ganefri Ganefri Universitas Negeri Padang
  • Asmar Yulastri Universitas Negeri Padang
  • Dedy Irfan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v22i1.7443

Keywords:

Kata kunci, Entrepeneur Milenia, Media Sosial, Digital Marketing

Abstract

Perilaku entrepreneur (wirausaha) perlu dibangun sejak di sekolah, dengan pembentukan sikap menjadi pribadi mandiri, memiliki kecakapan hidup (life skill) dan melatih leadership (kepemimpinan) peserta didik. Dengan sikap mandiri, siswa dapat mendayagunakan potensi diri dan kreatifitas untuk menghasilkan atau minimal mencukupi kebutuhan dirinya sendiri. Sikap dan perilaku entrepreneur perlu ditanamkan sejak di sekolah, dengan mengajak siswa selalu berpikir positif, dan berorientasi jauh ke depan. Berperilaku profesional, artinya punya tanggung jawab, berpenampilan rapi, dan latihan mengambil keputusan. SMK menjadi tempat yang sangat strategis untuk menumbuhkan bakat wirausaha. Maka, perlu dikondisikan melalui jalur intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler. Harapannya, dengan kondisi lingkungan yang menerapkan perilaku entrepreneur, siswa menjadi terbiasa untuk menerapkan. Dan, pada akhirnya, akan menjadi karakter kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat dan pandangan siswa SMK sebai entrepreneur milenial di era digital ini, bagaimana mereka memanfaatkan media social sebagai market place dalam menjalankan bisnisnya melalui kegiatan digital marketing. pengambilan data hasil dilakukan dengan penyebaran angket dan metode studi literatur sebagai sumber pendukung penelitian ini.

References

J. Pendidikan Vokasi, A. Yulastri, H. Hidayat, F. Edya, And S. Islami, “Learning Outcomes With The Application Of Product Based Entrepreneurship Module In Vocational Higher Education Learning Outcomes With The Application Of Product Based,†Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 8, No. 2, Pp. 120–131, 2018, [Online]. Available: Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpv

Fahrurrozi, “Menumbuhkembangkan Entrepreneurship Generasi Milenial Muslim Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Peradaban Ekonomi Umat,†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 8, No. 02, Pp. 1645–1653, Doi: 10.29040/Jiei.V8i2.4641.

J. Pengabdian Kepada Masyarakat Volume, K. Dipayanti, B. Astra Gracia, A. Nurhadi, And M. Musyfiq Salami, “Abdi Laksana.†[Online]. Available: Https://Www.Jurnal.Id/Id/Blog/Pengertia

Ambarwati, Indra Sumarna Sobari “Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatanâ€. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2, No. 2, Januari 2020, pp. 140 – 144, 3 januari 2020

O. : Nazlah, R. Panggabean, ) Dearma, And S. Sinaga, “Menciptakan Milenial Entrepreneur Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Sosial Pada Mahasiswa.â€

J. Pengabdian Masyarakat Et Al., “Membangun Jiwa Enterpreneur Pada Generasi Milenial Di SMAK Swadhipa Natar Lampung Selatan Riwayat Artikel Kata Kunci,†Vol. 2, No. 5, Pp. 59–67, 2022, Doi: 10.31849/Reila.

M. Minarsih, S. V. Putri Sagala, And M. Maysaroh, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),†Syntax Idea, Vol. 4, No. 2, P. 390, Feb. 2022, Doi: 10.36418/Syntax-Idea.V4i2.1769.

I. Kusumaningrum And H. Hidayat, “Improving Students’ Entrepreneurial Interest Using Production Based Learning Model In Tvet,†2015.

C. Febrinia, “Hubungan Penggunaan Media Sosial Dan Kehadiran Sosial Dengan Sikap Wirausaha,†Vol. 4, No. 1, Pp. 99–106, 2017.

G. Ganefri, H. Hidayat, A. Yulastri, And I. Ifdil, “The Need Analysis Of The Production Based Entrepreneurship Training Model: Learning Entrepreneurship In Higher Education,†Couns-Edu: The International Journal Of Counseling And Education, Vol. 5, No. 3, Sep. 2020, Doi: 10.23916/0020200528530.

D. Rusmana, “Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik SMK,†Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, Vol. 8, No. 1, P. 17, Feb. 2020, Doi: 10.26740/Jepk.V8n1.P17-32.

F. Fourqoniah And F. Aransyah, “Finnah Fourqoniah, Pemanfaatan Media Sosial Untuk Wirausahawan… Pemanfaatan Media Sosial Untuk Wirausahawan Wanita Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur Sistematisâ€, Doi: 10.24843/Matrik:Jmbk.2021.V15.I02.P9.

A. Dwijayanti, R. Komalasari, B. Harto, P. Pramesti, And M. Wildan Alfaridzi, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Pada UMKM Sablon Anggi Screen Di Era Digital.†[Online]. Available: Https://Journals.Upi-Yai.Ac.Id/Index.Php/Ikraith-Abdimas/Issue/Archive

R. Yustiani, R. Yunanto, P. Studi Manajemen, And P. Studi Komputerisasi Akuntansi, “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi,†Ilmiah Komputer Dan, Vol. 6, No. 2, 2017.

S. Rahmawati And T. S. Nugrahani, “Pengembangan Pendekatan Kreatif Inovatif Untuk Meningkatan Jiwa Kewirausahaan,†Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 2, P. 129, Sep. 2019, Doi: 10.26740/Jepk.V7n2.P129-144.

Y. A. Nugraha And U. Wahid, “New Wave Marketing Dalam Membangun Brand Equity Di Era Digital,†Halaman, 2018. [Online]. Available: Http://Www.Pendaki.Info/2016/12/Sejarah-

B. Satrionugroho, T. STMIK, And S. Nusantara, “Analisa Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Di STMIK Sinar Nusantara Surakarta),†2020.

M. Iswahyudi, “Minat Generasi Milenial Untuk Berwirausaha.†Jurnal akuntansi dan Pendidikan, Vol 7, No 2 p95-104, 15 Oktober 2018

Downloads

Published

2023-02-09