Implementasi Metode ARAS Dalam Menentukan Siswa/i Terbaik di SMA Swasta
DOI:
https://doi.org/10.53513/jis.v21i2.5987Abstract
Pendidikan menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe sangat mengapresiasi Prestasi Siswa-siswi dengan memberikan penghargaan kepada Siswa Terbaik. Tapi proses pemilihannya masih secara manual. Hal ini membuat pemilihannya memakan waktu dan masih memungkinkan salah dalam pemilihannya.Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat menggunakan salah satu bidang ilmu teknologi komputer yaitu Sistem Pendukung Keputusan dengan mengadopsi metode ARAS (Additive Ratio Assessment). diharapkan dengan metode ARAS ini mampu menyelesaikan masalah sehingga mendapatkan Siswa / siswi Terbaik dan membantu pihak Sekolah SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe.Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi yang dibangun dapat membantu dan mempermudah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi berkenaan dengan Penetuan Siswa/Siswi Terbaik dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien.References
A. Fau, S. R. Samosir, dan A. Mardiah, “Penerapan Metode Preferences Selection Index Dalam Menentukan Siswa Lulusan Terbaik,†hal. 636–641, 2019.
Y. Aldi Muharsyah, Soraya Rahma Hayati, M.Ikhsan Setiawan, Heri Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi Obective Optimization On the Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, hal. 19–23, 2018.
D. Nofriansyah dan S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.
C. Tarigan, E. F. Ginting, dan R. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kinerja Pengajar Dengan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, hal. 16, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4245.
E. Ndruru dan E. N. Purba, “Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Lokasi Objek Wisata Yang Terbaik Pada Kabupaten Nias Selatan,†J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 2, hal. 151–159, 2019.
P. Tino dan Anas, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Lomba Pelayanan Publik Dan Adminstrasi Desa Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†vol. 5, no. 1, hal. 21–25, 2020.
B. Betrisandi dan B. Bahrin, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Awal Penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) Menggunakan Metode ARAS,†J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, hal. 300–308, 2022, doi: 10.32672/jnkti.v5i2.4204.
B. Andika, H. Winata, dan R. I. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite (Electre),†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, hal. 47, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i1.103.
J. Hutagalung dan M. T. Indah R, “Pemilihan Dosen Penguji Skripsi Menggunakan Metode ARAS, COPRAS dan WASPAS,†J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 3, hal. 354–367, 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1240.
A. M. ABIDIN, “Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,†Didaktika, vol. 11, no. 2, hal. 225, 2019, doi: 10.30863/didaktika.v11i2.168.