Implementasi Jaringan Kohonen Dalam Pengenalan Citra Huruf Aksara Jawa

Authors

  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Bayu Susilo STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v17i2.47

Keywords:

Kohonen, Aksara Jawa, Android

Abstract

Aksara jawa merupakan sistem penulisan yang ditulis dari kiri ke kanan. Setiap aksara di dalamnya melambangkan suatu suku kata dalam vokal /a/ atau /o/, yang dapat ditentukan dari posisi aksara didalam kata tersebut. Penulisan aksara jawa dilakukan tanpa spasi, karena itu pembaca harus paham dengan teks bacaan tersebut untuk dapat membedakan tiap kata. Dalam merancang sistem pengenalan pola huruf aksara jawa tengah menggunakan metode kohonen dibutuhkan pengolahan citra yang berfungsi untuk mengubah citra menjadi array biner. Dan sistem dapat diimplementasikan pada aplikasi yang berbasis sistem mobile.

References

Cahyo, D. H., &Pujiyanta, A. 2013. Media PembelajaranJarigan Saraf Tiruan MetodeKohonen Berbasis Multimedia. JurnalSarjana Teknik Informatika1(1): 51-59.

Everson M. 2013. Revised Final Proposal For Encoding The Lontara (Buginese) script in the Ucs. International Organizing For Standardization Organisation Internationale de Normalisation N2588: 1-11.

Puspitaningrum, D. 2006. Pengantar Jaringan Saraf Tiruan. Yogyakarta. Andi

Irwansyah,E,. & Faisal, M. 2015. Advanced Clustering Teori dan Aplikasi (1 ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Afrianto, Teguh (2017) Segmentasi Aksara Pada Tulisan Aksara Jawa Menggunakan Adaptive Threshold. STIKI Infromatika Jurnal, 7(01)1-2

Downloads

Published

2018-08-08