Pembangunan Perangkat Lunak E-Learning dalam Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Angkasa Husein

Rizky Fauzi Achman, Wina Witanti, Asep Id Hadiana

Abstract


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari rumah menggunakan media internet merupakan salah satu proses pendidikan dimana interaksi secara fisik diminimalisir dengan tujuan tertentu. Mengajar atau belajar dari rumah pada saat sekarang menjadi bagian penting dalam kondisi seperti situasi saat ini. Beragam perangkat lunak yang membantu dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) salah satunya penggunaan perangkat lunak Classroom. Memiliki sisi positif dan juga kelemahan dalam penerapannya, diantaranya terkendala akses internet untuk sebagian orang, fitur – fitur media pembelajaran yang kurang maksimal dan terutama kemampuan aplikasi yang dibangun masih belum “user friendly” atau beberapa fungsi yang belum termanfaatkan secara maksimal, seperti rekapitulasi absensi, penilaian dan pembaharuan materi pada section tertentu. Hal tersebut menjadi tolak ukur untuk membuat pemecahan masalah, meminimalkan kelemahan dengan pengembangan sendiri dalam hal ini dibutuhkan perangkat lunak yang dioptimalkan secara mandiri dengan memanfaatkan E-Learning yang tersedia. Oleh sebab itu perlu pengembangan secara mandiri dengan penggunaanE-Learning, untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah Menengah Kejuruan Angkasa Husein Sastranegara Bandung, agar dapat lebih optimal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tersebut.


Keywords


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Classroom, E-Learning

Full Text:

PDF

References


D. P. Sari, R. A. Sukmawati, H. S. Purba, D. M. Muhammad, and S. H. Azis, “Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, p. 56, 2020, doi: 10.20527/btjpm.v1i2.1785.

M. H. Wijaya, M. Sarosa, and H. Tolle, “Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java pada Google Classroom dan Facebook Messenger,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 287, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853837.

U. Rahardja, Q. Aini, and N. P. L. Santoso, “Pengintegrasian YII Framework Berbasis API pada Sistem Penilaian Absensi,” Sisfotenika, vol. 8, no. 2, p. 140, 2018, doi: 10.30700/jst.v8i2.403.

A. Setiawan, L. Nurlaela, S. Muslim, E. Yundra, and P. Studi Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Surabaya Jalan Lidah Wetan Surabaya, “Pengembangan E Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Vokasi,” no. September, pp. 52–56, 2019.

W. Hidayat and N. A. Sudibyo, “Implementasi Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Kelas Semu dengan Google Classroom Berbasis Framework RAD,” Sains dan Edukasi Sains, vol. 1, no. 2, pp. 17–24, 2018.

I. W. K. Suwastika, “Pengaruh E-Learning sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,” J. Sist. dan Inform., vol. 13, no. 1, pp. 1–5, 2018, [Online]. Available: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/185.

H. T. SIHOTANG, “Pembuatan Aplikasi E-Learning Pada Smk Swasta Pariwisata Imelda Medan,” vol. 1, no. 2, pp. 70–75, 2019, doi: 10.31227/osf.io/dp6bz.

D. Febriannisa and L. P. Hasugian, “Perancangan E-learning pada SMK Negeri 1 Bandung,” J. Ultim. InfoSys, vol. 8, no. 2, pp. 62–68, 2018, doi: 10.31937/si.v8i2.613.

S. Kosasi, “Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa,” J. Inform., no. 0362, p. 27213, 2015, [Online]. Available: http://pti.undiksha.ac.id/senapati.

R. S. Teuku Fadjar Shadek, “Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor ( PHP ) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran,” J. ProTekInfo, vol. 4, pp. 1–18, 2017.

W. Muna and L. Hadisi, “Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-learning),” J. Al-Ta’dib, vol. 8, no. 1, pp. 1–24, 2015.

J. C. Wibawa and E. Edah, “Aplikasi E-Learning Di SMP Negeri 46 Bandung,” J. Teknol. dan Inf., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2015.

B. Dina Maulina, “Perancangan Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang,” J. Ilm. DASI, vol. 18 No. 1, pp. 8–13, 2017.

Sudarmaji, “Migrasi dan Optimalisasi Database Sistem Informasi berbasis E-Learning Program Diploma III Manajemen Informatika Universitas Muhammadiyah Metro,” MIKROTIK J. Manaj. Inform., vol. 6, no. 2, p. 8, 2016, [Online]. Available: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/440.

Y. Irawan, N. Susanti, and W. A. Triyanto, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (E-Learning) Pada Smk Mambaul Falah Kudus,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, p. 345, 2015, doi: 10.24176/simet.v6i2.471.

A. Cucus and Y. Aprilinda, “Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2016, doi: 10.36448/jsit.v7i1.765.

E. Supratman and F. Purwaningtias, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 310–315, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i3.958.

Kuryanti and J. K. Sandra, “Rancang Bangun Sistem E-Learning sebagai Sarana Pemberlajaran,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 4, no. 1, pp. 84–92, 2016, doi: 10.1089/pho.2010.2784.




DOI: https://doi.org/10.53513/jis.v20i2.3863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal SAINTIKOM

 Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer (STMIK) Triguna Dharma

Website : https://www.trigunadharma.ac.id/
Email : [email protected]