Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Pelayanan Pada Hotel Grandhika Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality

Authors

  • suardi yakub STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Puji Sari Ramadhan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Siti Zahara STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v19i2.2619

Keywords:

Service Quality, CSI, Kepuasan Pelayanan.

Abstract

Hotel GranDhika Setia Budi Medan adalah hotel yang telah mendapatkan Bintang 4 dan berlokasi strategis yang terletak dekat dengan Universitas Sumatera Utara. Disini, para tamu dapat menikmati akses mudah ke berbagai pusat Pendidikan, bisnis, dan tujuan wisata di ibu kota Sumatera Utara. Hotel GranDhika mempunyai 101 ruangan Superior, 7 Deluxe Balcony, 12 Deluxe Executive, dan 3 Junior Suite. Serta mempunyai beberapa fasilitas diantaranya Internet akses yang cepat, Kolam Renang, Laundry, dll. Dari sumber tripadvisor saya mendapatkan data bahwa dari 59 ulasan, Hotel tersebut telah  mendaptakan nilai 3.5 (sangat bagus) diantaranya yang paling menonjol adalah Lokasi, Kebersihan, Layanan. Data yang saya ambil dari traveloka dengan jumlah tamu 2.131 telah mendapatkan nilai 8.6 dari 10 (Impressive), penilaian yang paling menonjol adalah kebersihan dan keramahan. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat sebuah keputusan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index) dan Service Quality dengan hasil dengan hasil yang didapat adalah 75,55% dan menunjukkan data tersebut yang berarti konsumen puas.

Author Biographies

Puji Sari Ramadhan, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Siti Zahara, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Aan Yulianto. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta dengan Metode AHP dan TOPSIS. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anggraini, L.D., Doeranto, P dan Ikasari, D.M. 2013. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Teknologi Industri Pertanian (1): 1-8

Buana, I Komang Setia. 2014. Jago pemrograman PHP. Dunia Komputer, Jakarta, Indonesia.

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Enterprise, Jubilee. 2010. Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo

Erzha, ervan. 2014. Buku pintar merakit komputer. Publishing langit, Jakarta, Indonesia.

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi.

Herlawati Widodo Pudjo Prabowo., Menggunakan UML, Informatika, Bandung, 2011.

J. W. Satzinger, R. B. Jackson and S. D. Burd, Systems Analysis and Design in a Changing World, Sixth ed., 2011.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media

Shelly, Gary B., and Harry J. Rosenblatt. (2012). Systems Analysis and Design Nineth Edition. United States of America: Course Technology.

Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Downloads

Published

2021-03-05