Implementasi Kombinasi Algoritma RSA dan Algoritma DES Pada Aplikasi Pengaman Pesan Teks

Authors

  • Adriansyah Tampubolon UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v20i1.2598

Keywords:

Kriptografi

Abstract

Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik matematis yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti tingkat keyakinan, integritas data, autentikasi entitas dan autentikasi keaslian data. Kriptografi sangat dibutuhkan dalam pengamanan data. Salah satu masalah dalam pengamanan data adalah pencurian data. Pencurian data biasanya dilakukan untuk melakukan tindakan kejahatan, seperti penyalahgunaan data untuk kriminalitas. Penulis berkeinginan untuk melakukan pengamanan pesan teks menggunakan kombinasi algoritma RSA dengan algoritma DES. Jika hanya menggunakan algoritma RSA, keamanan dari suatu pesan teks masih terancam. Tingkat keamanan algoritma RSA bergantung pada ukuran kunci yang dipakai, semakin kecil ukuran kunci maka semakin mudah ditembus menggunakan metode bruteforce. Pesan teks akan dienkripsi terlebih dahulu menggunakan algoritma RSA kemudian menggunakan algoritma DES. Dalam proses dekripsi pesan teks didekripsi menggunakan algoritma DES kemudian menggunakan algoritma RSA agar mendapatkan plainteks awal. Hasil dari penelitian ini ditujukan untuk masyarakat, khususnya di bidang keamanan data

References

Yanti, N. R., Alimah, A., & Ritonga, D. A. (2018). Implementasi Algoritma Data Encryption Standard Pada Penyandian Record Database. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 2(1), 23.

Basri. (2016). Kriptografi simetris dan asimetris dalam perspektif keamanan data dan kompleksitas komputasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 2(2).

Devha, C. (2013). Pengamanan Pesan Rahasia Menggunakan Algoritma Kriptografi Rivest Shank Adleman (RSA). Universitas Pendidikan Indonesia, 39–73.

Donzilio Antonio Meko. (2018). Jurnal Teknologi Terpadu Perbandingan Algoritma DES , AES , IDEA Dan Blowfish dalam Enkripsi dan Dekripsi Data Donzilio Antonio Meko Program Studi Teknik Informatika , STIMIK Kupang Jurnal Teknologi Terpadu. Jurnal Teknologi Terpadu, 4(1), 8–15.

Hasibuan, A. Z., Asih, M. S., & Harahap, H. (2019). Penerapan QR Code dan Vigenere Cipher Dalam Sistem Pelaporan Juru Parkir Ilegal. Jurnal Sistem Informasi, 5341(April), 53–61.

Kurniawan, R. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pengaman Isi File Dokumen Dengan RSA. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 01(November), 46–52.

Maryanto, B. (2008). Penggunaan Fungsi Hash Satu-Arah untuk Enkripsi Data. Media Informatika, 7(3), 1–10.

Pahrizal, P., & Pratama, D. (2016). Implementasi Algoritma Rsa Untuk Pengamanan Data Berbentuk Teks. Pseudocode, 3(1), 44–49.

Primartha, R. (2011). Penerapan Enkripsi Dan Dekripsi File Menggunakan Algoritma Data Encryption Standard (DES). Sriwijaya Journal of Information Systems, 3(2), 371–387.

Downloads

Published

2021-07-05