Analisis Faktor Profotabilitas Pada PT.Bank Tabungan Negara

  • Lasrida Sigalingging AMIK Medicom Medan
Keywords: Analisa, Faktor Profotabilitas

Abstract

Seiring dengan berkembangnya industri perbankan yang secara cepat, maka persingan antar Bankpun menjadi sangat banyak. Sehingga bank-bank termasuk Bank Tabungan Negara (BTN) berlomba untuk menjadi bank besar yang sehat, memuliki asset terbesar dan terpercaya di Indonesia, jika kesehatan bank terjamin, maka secara tidak langsung akan menarik para calon nasabah dan para invertor untuk menenemkan modal, sehinggga bank tersebut dapat bertumbuh besar.Profitabilitas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kelangsungan usaha perbankan. Profitabilitas dapat digunakan untuk mengukur sejauhmana keefektifan pengelolaan bank. Semakin tinggi profitabilitas yang diperoleh, maka perusahaan mendapatkan laba yang tinggi begitupun sebaliknya bila perusahaan  memperoleh profitabilitas yang rendah maka pendapatan  yang diperoleh juga rendah.Tingkat profitabilitas ini diukur dengan menggunakan rasio keuangan return On  Asset (ROA) karena ROA lebih memfokuskan pada kemampuan perusahaan untuk memperoleh Earning dalam operasi perusahaan secara keseluruhan. Selain itu juga, dalam penentuan tingkat kesehatan suatu bank yang diukur dengan asset yang dananya sangat besar berasal dari simpanan masyarakat sehingga ROA lebih mewakili dalam mengukur tingkat profitabilitas perbanka

References

Arimi, Millatina, 2012,” Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan Studi pada Bank Umum yang Listen di BIE Tahun 2007-2010”, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Hani, Syafrida. 2014. “Teknik Analisis Laporan Keuangan”, Medan : In Media.

Kasmir. 2002,” Bank dan Lembaga Keuangan lainnya”, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

, “ Analisis Laporan Keuangan”, Edisi 1, Jakarta : Rajawali Pers.

Margareta, Farah. 2013,” Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perbankan Indonesia”, Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.15, No 2, Desember 201, Hlm.133-141.

Mawardi, Wisnu. 2005,” Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia”. Jurnal Bisnis Strategi Vol 14, No.1, Juli 2005.

Pelo, Christi Horman. 2012,” Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Profitabilitas Bank yang Terdaftar Pada BEI Selama Tahun 2000-2010”, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Prastiyaningtyas, Fitriani. 2010,” Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan Studi pada Bank Umum Go Public yang Listen di BEI Tahun 2005-2008”, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Restiyana. “Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, LDR dan NIM Terhadap Profitabilitas Perbankan Studi pada Bank Umum di Indonesia Periode 2006-2010”. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro,

Siamat, Dahlan. 2005, “ Manajemen Lembaga Keuangan”, Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiono. 2010, “ Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung : Alfabeta.

Sukarno, Kartika Wahyu. 2006,” Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bank Umum di Indonesia”, Jurnal Studi Manajamen dan Organisasi Vol.3, No.2, Juli 2006, Hlm.46

Taswan. 2010, “ Manajemen Perbankan, Teknik dan Aplikasi”, Jogyakarta : Upp Stim Ykpn

Website : www.bi.go.id , “Penilaian Tingkat Kesehatan bank Umum”.

Website : www.btn.co.id

Published
2020-03-29
Section
Articles