Aplikasi Pencatatan Kehadiran Murid Menggunakan Komputer Dengan RFID Card Dan SMS Gateway

  • Victor Wijaya STMIK Triguna Dharma
  • Tedy Wijaya STMIK Triguna Dharma
  • Jennifer Priscilla STMIK Triguna Dharma
  • Yonata Laia STMIK Triguna Dharma
Keywords: Absensi, RFID, Murid, Laporan, Visual Basic, SQL Server

Abstract

Pencatatan dan pengolahan data absensi dengan menggunakan kartu absensi mengakibatkan data yang diperoleh menjadi kurang akurat. Untuk meningkatkan keakuratan data, diperlukan pembangunan aplikasi absensi yang terkomputerisasi. RFID merupakan salah satu komponen yang sering digunakan sebagai alat identifikasi yang handal dan akurat selama bertahun-tahun. SMS Gateway merupakan suatu sistem yang dapat mengirimkan pesan SMS pada nomor telepon.Aplikasi absensi ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 2010 dan menggunakan database MySQL. Program ini memungkinkan user untuk input data, edit data, hapus data, pencarian data, penyaringan data dan pencetakan data ke media kertas. Data yang dimasukkan berupa data murid dan data absensi. Sedangkan output yang dihasilkan sistem informasi ini berupa laporan data absensi. Aplikasi absensi ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah personalia dalam mengolah dan membuat laporan data absensi menjadi lebih mudah, cepat dan efisien

References

Laia, Yonata dkk. “Android based Optimization and Queue System at Passanger Vessel Service Crossings.” 2020 3rd International Conference on Mechanical, Electronics, Computers, and Industrial Technology (MECnIT), IEEE 2020, pp. 327-331.

Williams, BK. dan Sawyer, SC. (2010). Using Information Technology : A Practical Introduction to Computers & Communications, edisi international. The McGraw-Hill Companies Inc, New York.

Kania, Widiyati. 2011. "Pengukuran Tingkat Kemapanan Penerapan Teknologi RFID di Perpustakaan Nasional RI Berdasarkan Framework Cobit4.1". Tesis Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Wahana Komputer. 2005. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS dengan Java. Jakarta: Salemba Infotek.

Dewanto, R. A., & Aradea. "Aplikasi SMS Gateway dengan Koreksi Kesalahan Menggunakan Fuzzy String Matching". Universitas Siliwangi. 2009.

Fivi Syukriah, 2014, EVALUASI PEMANFAATAN IT HELPDESK DAN MANAJEMEN SOLUSI MASALAH TJNTUK PENINGKATAN KINERJA, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma.

Halsey, George d, 2010.Bagaimana Memimpin dan Mengawasi Pegawai Anda Edisi Terjemahan, Rineka Cipta, Jakarta.

Alex S. Nitisemito, Managemen Sumber Daya Manusia, Sasmito Bross, Jakarta 2010

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Ang, Robert. 2010. Buku Pintar pasar Modal Indonesia edisi 7. Jakarta: Media Soft Indonesia.

Published
2020-08-22
Section
Articles