Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Penggunaan Daya Listrik Pada PT.PLN (Persero) Rayon Medan Selatan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Novrizal Nazeriandy STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifudin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v20i1.2431

Abstract

  PT. PLN (Persero) merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga listrik yang keberadaan nya sangat di butuhkan masyarakat.makin banyak nya industri yang berskala menengah maupun besar serta pertumbuhan pelanggan yang meningkat setiap tahun nya akan membutuhkan pelayanan dan penyaluran energi listrik secara kontinyu dengan kualitas layanan yang lebih baik. Kegiatan perdagangan, perekonomian dan indutri tumbuh pesat akhir-akhir ini.oleh karena itu permintaan  akan tenaga listrik melonjak saat ini dan pertumbuhan nya yang cepat ini di perkirakan akan berlangsung terus untuk tahun-tahun yang datang.      Beberapa solusi yang dapat di gunakan untuk dapat mengatasi masalah tersebut adalah salah satu nya menerapkan aplikasi data mining.Data mining adalah teknikbyang merupakan gabungan metode-metode analisi data untuk memproses data berukuran besar dan merupakan proses menemukan informasi atau pola yang penting dalam basis data berukuran besar.salah satu proses data mining yang akan di gunakan adalah metode prediksi dengan alogritma regresi linear berganda .      Dengan demikian hasil algoritma regresi linear berganda dapat di mempermudah kan pihak PLN dalam memprediksi kebutuhan daya di masa yang akan datang

References

REFERENSI

E. J. Mening, "PROBLEMATIK YURIDIS PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) DALAM PELAKSANAAN UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 30 TAHUN 2009 TENTANG KETENAGALISTRIKAN," Hukum Ekonomi Bisnis, 2013.

Yuli Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi," Jurnal Edik Informatika, no. ISSN : 2407-0491.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, no. ISSN: 2406-7857, 2018.

Amrin, "DATA MINING DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK PERAMALAN TINGKAT INFLASI," Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 1, 2016.

S. Sulistyono and W. Sulistiyowati, "Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda," PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 1, no. 2, p. 82, 5 3 2018.

A. Rachman and d. Hadi Al Rasyid, "MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA".

Downloads

Published

2021-07-05