E- Assesment The Best Of Koordinator Statistik Kecamatan Di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungbalai Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis

  • Nurfadhilah Syanti STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
Keywords: Koordinator, Statistik, Sistem Pendukung Keputusan, MOORA, E-Assessment

Abstract

yang melakukan  pengumpulan data statistik di Kecamatan serta mengkoordinasikan segala kegiatan statistik yang berlangsung, baik buruknya citra Badan Pusat Statistik berkaitan dengan bagaimana sikap para koordinator statistik kecamatan di lapangan, sehingga untuk meningkatkan mutu dan kualitas koordinator statistik kecamatan dilakukan pemilihan koordinator statistik kecamatan terbaik yang mampu meningkatkan kredibilitas para koordinator statistik kecamatan.       Pemilihan koordinator statistik kecamatan ini diperlukan suatu yaitu suatu sistem pendukung keputusan, sehingga akan memudahkan dalam menghasilkan keputusan yang tepat dan dalam sistem ini digunakan suatu metode yaitu metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) yang menjadi algoritma penyelesaian masalah pemilihan koordinator statistik kecamatan terbaik, sehingga terciptalah sistem yang bernama E-Assessment the best of Kooridnator Statistik Kecamatan.      Hasil dari sistem ini akan membantu dalam penilaian pemilihan koordinator statistik kecamatan dengan menggunakan teknologi informasi sehingga memudahkan dalam penerapannya

References

B. P. Statistik, Informasi Umum Badan Pusat Statistik. 2019.

S. Setiawan, “Assesement : Pengertian,Jenis,Contoh,” 2019. [Online]. Available: https://www.gurupendidikan.co.id/assessment-adalah/.

W. Suryo Satuti, “PENGERTIAN EKSISTENSI MENURUT PARA AHLI – Pengertian Menurut Para Ahli,” 2019. [Online]. Available: https://jojonomic.com/blog/assessment/.

M. P. Luh Made Yulyantari,.S.Kom and M. K. IGKG Puritan Wijaya ADH, S.Kom., Manajemen Model Pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: ANDI, 2019.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan, Pertama. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Published
2020-08-21
Section
Articles