Strategi Pengamanan Pesan Rahasia Menggunakan Teknik Steganografi Pada Citra Digital Dengan Metode Least Significant Bit

Authors

  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.228

Keywords:

Steganografi Least Significant Bit Citra Digital

Abstract

Keamanan dari sebuah pesan yang bersifat personal atau rahasia merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dilakukan oleh pembuat atau pemberi pesan, yang biasanya informasi yang dianggap rahasia tersebut akan diamankan dengan cara merubahnya menjadi kode-kode rahasia menggunakan teknik kriptografi namun dapat diketahui bahwasanya kode-kode itu merupakan sebuah pesan. Berbeda dengan teknik kriptografi, steganografi merupakan sebuah teknik untuk menyembunyikan pesan yang bersifat rahasia ke dalam pesan dengan tujuan agar tidak diketahui akan keberadaan dari pesan rahasia tersebut karena disembunyikan di dalam pesan. Penyembunyian pesan tersebut dilakukan dengan cara menyisipkannya ke dalam sebuah citra digital (image) dengan menggunakan metode least significant bit dengan harapan agar citra digital yang dihasilkan setelah dilakukan proses penyembunyian pesan tidak mengalami perubahan dari segi gambarnya, atau citra digital yang digunakan sebelum dan sesudah disisipkan sebuah pesan tetap sama jika dilihat. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan metode least significant bit dapat menyembunyikan pesan ke dalam citra digital dengan cara menyisipkan bit-bit pesan ke dalam byte dari citra digital tanpa merubah citra digital itu sendiri sehingga tidak akan diketahui akan keberadaan pesan yang telah disembunyikan didalamnya.

References

D. Darwis, “Implementasi Teknik Steganografi Least Significant Bit (LSB) Dan Kompresi Untuk Pengamanan Data Pengiriman Surat Elektronik,†J. Teknoinfo, vol. 10, no. 2, p. 32, 2016.

F. N. Pabokory, I. F. Astuti, and A. H. Kridalaksana, “Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, p. 20, 2016.

R. Tullah, R. Agusli, M. I. Dzulhaq, and I. Halim, “Perancangan Steganografi Dengan Media Gambar Pada Aplikasi Berbasis Android,†J. Sisfotek Glob., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2014.

A. Saefullah, Himawan, and N. Agani, “Aplikasi Steganografi Untuk Menyembunyikan Teks Dalam Media Image Dengan Menggunakan Metode LSB,†Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. Terap. 2012 (Semantik 2012), vol. 2012, no. Semantik, pp. 151–157, 2012.

S. Lutfi and Rosihan, “Perbandingan Metode Steganografi LSB (Least Significant Bit) Dan MSB (Most Significant Bit) Untuk Menyembunyikan Informasi Rahasia Kedalam Citra Digital,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer) UNKHAIR, vol. 02, no. 1, pp. 34–42, 2018.

D. Nugroho, “Penerapan Steganografi Pada File Gambar ( Jpg ),†vol. 1, no. 1, pp. 53–58, 2016.

Downloads

Published

2020-02-24